Timnas Indonesia sukses kalahkan Vietnam di matchday ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, Kamis (21/3/2024). Kemenangan ini membuat posisi Skuad Garuda di ranking FIFA dipastikan akan melesat.

Ranking FIFA Timnas Indonesia Usai Bungkam Turkmenistan: Melesat 3 Peringkat!
Ranking FIFA Timnas Indonesia Usai Bungkam Turkmenistan: Melesat 3 Peringkat!

Timnas Indonesia menang 1-0 atas Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta. Egy Maulana Vikri jadi aktor pembeda dengan mencetak gol semata wayang Skuad Garuda.

Berkat kemenangan ini, Indonesia naik ke peringkat dua Grup F dengan empat angka, unggul satu poin dari Vietnam di posisi tiga. Sementara dengan Irak di puncak klasemen, selisih dua angka dari Indonesia.

Menurut laman footballranking.com, Sabtu (23/3/2024) peringkat FIFA Indonesia berpotensi naik empat posisi dari peringkat 142 ke 138 dunia. Timnas Indonesia berpeluang naik empat posisi karena mendapatkan tambahan 15,37 poin di ranking FIFA.

Indonesia menggeser empat negara, yakni Turkmenistan yang saat ini menduduki peringkat 141 dunia, Burundi (140), Filipina (139) dan Lithuania (138). Akan tetapi, Timnas Indonesia baru akan melesat ke peringkat 138 dunia andai memenuhi syarat lain.

Syarat lain yang dimaksud adalah, Turkmenistan mendapatkan hasil buruk di FIFA Matchday Maret 2024. Turkmenistan berpeluang mendapatkan hasil buruk karena bakal bersua Iran, begitu juga dengan Filipina yang berjumpa Irak.

Di sisi lain, Vietnam mendapat pengurangan poin 15,37 dan membuat mereka turun dari peringkat 105 ke 112. Timnas Indonesia akan kembali bertemu Vietnam di Hanoi pada Selasa (26/3/2024).

Anah asuh Shin Tae-yong berpeluang naik peringkat lagi jika imbang atau berhasil menang. Selain itu, peluang Indonesia untuk lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia juga semakin terbuka.(*)