Memasuki bulan puasa ramadan 1445 hijriyah, stok beras di Kabupaten Subang dipastikan ketersediaannya bakal menutupi kebutuhan masyarakat sampai dengan lebaran nanti.

Foto : Kepala DKUPP Kabupaten Subang Yayat Sudrajat Menjamin Stok Pangan Selama Ramadan Hingga Lebaran Aman

Kepala Bidang Tanaman Pangan Dinas Pertanian Kabupaten Subang Soleman Sidik menyatakan, dengan adanya import beras dari Vietnam dan Thailand, sudah mampu menutupi ketersediaan stok beras di tanah air, termasuk di Kabupaten Subang selama ramadan hingga lebaran nanti.

"Kelangkaan beras di lapangan beberapa waktu lalu, akibat dampak dari penomena elnino, yang terjadi pada tahun 2023 kemarin, sehingga mengakibatkan para petani gagal panen, musim tanam mundur, begitupun dengan waktu panen. Padahal jika tidal terjadi elnino, bulan maret dan april tahun ini, para petani sudah mulai panen," terang Soleman Sidik, Senin (11/3/2024).

Kenaikan harga beras juga, lanjut Soleman, akibat dampak dari penomena elnino."Sebenarnya, pada saat elnino itu, para petani sedang panen, dan harga padi saat itu, sudah mulai naik. Alhamdulillah, petani dapat menikmati kenaikan harga padi saat itu," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Subang Yayat Sudrajat menyebutkan, untuk mengantisipasi lonjakan harga kebutuhan pokok masyarakat (Kepokmas),  dan juga harga beras pihaknya bekerjasama dengan seluruh stakehoulder akan terus melakukan Operasi Pasar Murah (OPM) hingga menjelang lebaran nanti.

"Sesuai intruksi dari pak Pj. Bupati, kita harus terus menerus melakukan OPM, guna mengintervensi kenaikan harga kepokmas dan beras selama bulan puasa sampai dengan lebaran. Selain itu, untuk mengungkit daya beli masyarakat, agar tidak terjadi inflasi," ujar Yayat.

Kepala DKUPP menambahkan, selain menggelar OPM, pihaknya juga melakukan pemantauan harga dan stok kepokmas ke seluruh pasar tradisional, para agen dan diatributor.

"Upaya lainnya, kami juga melakukan monitoring harga, dan stok kepokmas ke semua pasar tradisional, para agen dan juga distributor," pungkasnya.(*)