Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, meninjau harga kebutuhan pokok di Pasar Anyar Kota Bogor pada Senin (18/3/2024) pagi. Sejumlah harga terpantau mengalami penurunan terutama komoditas beras yang beberapa waktu terakhir harganya meroket. 

Sidak Mendag Pasar Anyar: Beras Turun, Ayam & Telur Masih Tinggi

Mendag Zulhas menyebut, saat ini harga beras sudah turun Rp 1.000 - Rp 2.000, sementara pasokan di pasaran terbilang mencukupi. Ia mengaku senang dengan penurunan harga beras yang ia pantau di pasar, dan berharap akan terus turun seiring terserapnya beras petani lokal di masa panen raya.

"Alhamdulillah tadi kita lihat beras sudah mulai turun sesuai apa yang saya sampaikan beberapa waktu yang lalu, tetapi yang saya gembira beras turunnya sudah banyak hampir Rp 1.000/kg, jadi ada yang Rp 17.000 ada yang Rp 15.000 ada yang Rp 2.000 turunnya alhamdulillah. Mudah-mudahan akhir bulan sampai bulan depan akan panen raya sehingga akan kembali normal harga beras lokal," jelas Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Senin (18/3/2024).

Untuk harga beras Bulog program Stabilisasi Pasokan Harga Pangan (SPHP) di Pasar Anyar dikatakan Zulhas juga dalam kondisi yang stabil baik harga maupun pasokannya.

"Kalau beras yang Bulog stabil di drop terus di guyur terus dari pemerintah SPHP maupun yang premium," ujarnya.

Selain beras Zulhas menyebut harga cabai di pasaran juga sudah turun signifikan. Namun diakuinya harga daging ayam dan telur masih tinggi dikarenakan harga pakan yang bebahan dasar jagung harganya juga masih tinggi. 

"Pakan sudah turun tetapi ayam dan telur belum turun karena telur ayam kemarin gemukinnya pakai (harga pakan) yang Rp 8.000 jadi belum turun. Tetapi cabai hari Jumat lalu itu Rp 100.000/kg tapi tadi kita liat Rp 60.000/kg jadi hampir normal karena kalau dibawah itu tutup petaninya, jadi kalau Rp 60.000 masih ada cuan petaninya," tambah Zulhas.

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan juga berkesempatan memborong beras, daging ayam, telur, dan cabai untuk dibagikan kepada masyarakat yang ada di pasar. Dalam sidak ke Pasar Anyar Mendag didampingi Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim, jajaran Forkopimda serta jajaran Perumda Pasar Pakuan Jaya.