Breaking News
---

Tarawih Perdana, Gedung PP Muhammadiyah

Organisasi Islam Muhammadiyah menetapkan 1 Ramadan pada 11 Maret 2024. Karenanya, para jemaah Muhamadiyah suduah mulai melaksanakan solat tarawih dan witir pada Minggu (10/3/2024) malam.  

Foto ilustrasi : Sholat tarawih

Pantauan di lokasi, bangunan gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah di Jalan Menteng Raya, Jakarta Pusat terpantau ramai. Beberapa mobil nampak memadati area parkir hingga ke pinggir jalan raya. 

Pada pukul 21.00 WIB, terlihat rombongan keluarga mulai meninggalkan gedung pusat Muhammadiyah itu. Salah satunya adalah Rayhan, jemaah Muhamadiyah yang mengikuti solat tarawih di Masjid At-Tanwir bersama keluarganya.

"Alhamdulillah senang rasanya bisa tarawih perdana bareng keluarga dekat. Adda bapak, istri, anak-anak, adik, ponakan, semuanya kumpul solat tarawih bareng," kata Rayhan, di depan gedung PP Muhammadiyah, Jakarta Pusat, Minggu (10/3/2024) malam. 

Rayhan mengatakan, keluarganya memang memiliki tradisi. Dimana hari pertama Ramadan, katanya, diusahakan untuk solat tarawih, sahur, dan berbuka puasa bersama. 

"Jadi walaupun tempat tinggalnya sudah beda-beda kami tetap berkumpul di rumah orangtua di sekitar gedung PP Muhammadiyah," kata Rayhan yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Majelis Pustaka dan Informasi Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DKI Jakarta. 

Rayhan mengatakan, pada solat tarawih perdana tahun ini, yang bertindak sebagai Khotib adalah Kiai Muhammad Ziyad. Dimana Kiai Ziyad menjabat sebagai Ketua Lembaga Pengembangan Haji dan Umrah PP Muhammadiyah sekaligus Wasekjen MUI. 

"Saya sama keluarga besar sudah standby di Masjid At-Tanwir PP Muhammadiyah 20 menit menjelang waktu isya. Kami mengikuti proses solat tarawih perdana, kebetulan yang bertindak sebagai khotib tadi Kiai Muhammad Ziyad," ucap Rayhan. 

Diketahui Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Minggu (10/3/2024) malam melaksanakan shalat tarawih pertama. Digelar di Masjid at Tanwir gedung PP Muhammadiyah Jakarta. 

Sekretaris Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) PP muhamdiyah Zenal Abidin mengatakan, tarawih pertama ini diikuti sekitar 200 jamaah. Mereka datang dari sejumlah wilayah di Jakarta dan sekitarnya. 

"Pelaksanaan tarawih ini diikuti sekitar 200 jamaah. Dilaksanakan di lantai dua dan lantai 3," ujar Zaenal kepada wartawan di gedung Muhammadiyah, Minggu (10/3/2024).

Selain tarawih, kegiatan lainnya adalah buka puasa bersama di Masjid at Tanwir. Serta pembagian ta'jil bagi pengendara yang melintas di depan gedung PP Muhammadiyah.

"Panitia Masjid at Tanwir menyediakan 250 paket untuk buka puasa bersama. Dan pembagian ta'jil serta kegiatan itikaf," ucapnya.(*)


Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan