Tim SAR Gabungan masih melakukan pencarian terhadap korban tanah longsor di Kecamatan Cipongkor dan Rongga. Dari catatan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat hingga Rabu (27/3/2024) petang, di Kecamatan Cipongkor enam korban belum diketemukan dan Rongga seorang korban.

Tim SAR Gabungan Masih Lakukan Pencarian Korban Longsor

“Pencarian di Kecamatan Cipongkor Rabu petang dihentikan karena kondisi lapangan yang tidak memungkinkan,”jelas Koordinator Kedaruratan Bencana Hadi Rahmat dalam pesan elektronik, Rabu (27/3/2024) malam.

Pihaknya juga ungkap Hadi, masih melakukan penanganan dan pendataan korban dampak longsor yang terjadi di lima desa Kecamatan Cipongkor dan satu desa di Kecamatan Rongga.

“Kami juga sudah mengirimkan logistik, seperti sabun cair, sembako, matras, dan jug alat-alat seperti cangkul serta sekop,”ucapnya.

Untuk korban yang menderita luka-luka ringan menurut Hadi, sudah ditangani di pos Kesehatan, yang didirikan di lokasi bencana. Sedangkan untuk korban luka berat sudah dilarikan ke Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung.

Pencarian korban longsor di dua kecamatan Kabupaten Bandung Barat, akan dilanjutkan pada Kamis (28/3/2024) pagi. Petugas SAR kesulitan mendatangkan alat berat, karena akses yang sulit dilalui.

Bencana tanah longsor dan banjir bandang di Kecamatan Ciponggor dan Rongga, terjadi pada Minggu (24/3/2024) sekitar pukul 23.00 WIB. Peristiwa terjadi akibat meluapnya Sungai Cijambu, setelah wilayah itu diguyur hujan lebat.(*)