TNI AL kembali menggagalkan penyelundupan 40 orang Pekerja Migran Indonesia (PMI) non prosedural. Diamankan oleh Lanal Dumai di Pantai Pelintung, Medang Kampai, Riau usai baru kembali dari Malaysia menggunakan speedboat. 

Komandan Lanal Dumai, Kolonel Laut (P) Boy Yopi Hamel mengatakan, kejadian bermula saat adanya speed boat melintas. Tepatnya di Perairan Rupat mengarah ke Pesisir Pelintung Dumai. 

Selanjutnya tim gabungan menginformasikan hal itu kepada Tim lainnya. Yang berada di pesisir Pelintung Dumai.

TNI AL Amankan Puluhan PMI Non Prosedural

"Mengetahui hal tersebut, kami mengerahkan tim. Untuk melaksanakan penyisiran, pemantauan dan pengintaian ke dalam hutan sawit hingga ke bibir Pantai Pelintung Kota Dumai," kata Yopi lewat keterangannya, Kamis (7/3/2024). 

Yopi mengungkapkan, setelah pencarian dilakukan, akhirnya Tim menemukan diduga PMI Non Prosedural yang baru kembali dari Malaysia. Sebanyak 40 PMI meliputi 32 laki-laki dan 8 perempuan sedang mengendap di hutan bakau, di pinggir Pantai Pelintung.

"Dimana saat itu mereka sedang menunggu mobil penjemput. Dan rencananya akan dibawa ke terminal Kota Dumai," ucapnya. 

Selanjutnya, 40 PMI Non Prosedural tersebut dibawa ke Lanal Dumai untuk dilaksanakan pengecekan kesehatan, barang bawaan dan pendataan. Serta penyerahan barang bukti kepada Pos Pelayanan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (P4MI) Kota Dumai untuk proses lebih lanjut.(*)