Gembrong Liwet merupakan tradisi masyarakat di dusun Cikubang Desa Citali Kecamatan Pamulihan Kabupaten Sumedang,dalam menyambut bulan suci ramadhan.

Tradisi Gembrong Liwet Dalam Menyambut Bulan Ramadhan

Dalam tradisi Gembrong liwet ini,masyarakat dusun Cikubang menanak nasi liwet dengan jumlah yang banyak untuk dimakan bersama sama ,hal sebagai ungkapan rasa syukur dan ekpresi kegembiraan dengan datangnya bulan suci Ramadhan, dan sebagai ajang untuk mempererat tali silaturahmi antar warga.

Kegiatan dalam Gembrong liwet ini selain ngaliwet masal dan makan bersama sama, juga menampilkan berbagai macam kreasi seni, Bazar/ Gelar produk, dan pengajian bersama Ustad Fuad Ginan Burhanudin.Tradisi gembrong liwet tahun 2024 ini dilaksanakan di halaman Balai Desa Citali tanggal 3 Maret 2024 mulai pukul 08.00 WIB.

Tradisi gembrong liwet  ini biasanya di hadiri juga oleh masyarakat disekitar Dusun Cikubang, mereka ikut serta dalam menyantap nasi liwet bersama sama.Seperti halnya bu Muliawati dari kampung Gunung Manik ,yang sengaja datang untuk menyaksikan tradisi gembrong liwet.Namun Tradisi Gembrong liwet tahun ini, pengunjungnya tidak sebanyak tahun- tahun sebelumnya. 

“Biasanya tradisi gembrong liwet ini pengunjungnya banyak sekali,sampai lapang bolapun penuh,namun untuk tahun sekarang aga berkurang “ Ungkap bu Wati, Minggu (3/3/2024).  

“Hal ini mungkin dikarenakan karena kurangnya persiapan ataupun kurang promosinya, atau bisa juga karena udah pada pulang ke kampungnya masing masing”,ujarnya.(*)