Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bekasi menyiapkan layanan kesehatan penuh selama penyelenggaraan ajang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-38 tingkat Provinsi Jawa Barat,pada 27 April-5 Mei 2024 di daerah itu.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi Alamsyah memastikan pelayanan kesehatan bagi para peserta MTQ Jawa Barat 2024 maupun masyarakat yang hadir untuk menonton ajang tersebut dapat berjalan optimal melalui persiapan matang.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi Alamsyah

"Kami akan stand by 24 jam penuh. Sarana prasarana sudah kita siapkan baik itu yang bergerak maupun tidak bergerak. Dari dinas kesehatan provinsi juga back up kami dengan obat-obatan," katanya di Cikarang, Senin.

Dia mengatakan pelayanan kesehatan dimaksud dilakukan dengan menerjunkan petugas kesehatan gabungan dari jajaran dinas kesehatan dibantu tim RSUD, puskesmas, hingga rumah sakit swasta agar berjalan optimal.

"Selain Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat, ada dari PMI kemudian rumah sakit swasta dan puskesmas. Kami juga menggandeng klinik swasta yang ada di Kabupaten Bekasi," katanya.

Alamsyah menyebut ada tiga posko induk yang telah disiapkan khusus untuk ajang MTQ Jawa Barat 2024. Posko pertama di klinik pemda yang berlokasi di area arena utama MTQ yakni kompleks perkantoran Pemkab Bekasi.

Kemudian posko kesehatan utama di Graha Pariwisata dan GOR Wibawa Mukti. Serta posko tambahan yang juga sudah disiapkan di Hotel Nuanza Cikarang Selatan.

"Yang lainnya, akan ada LO yang akan membantu kontingen, kawan-kawan kafilah dari 26 kabupaten dan kota yang lain. Itu kami arahkan di bawah koordinasi seluruh puskesmas yang ada di Kabupaten Bekasi," ucapnya.

Pihaknya juga sudah menyiapkan rumah sakit rujukan yang berdekatan dengan arena perlombaan. Fasilitas kesehatan rujukan itu antara lain RS Mitra Keluarga Cikarang Pusat, Rumah Sakit TMC, RS Medirosa, dan RS Metro Hospital Cikarang Timur.(*)