Pemudik bersepeda motor yang akan balik ke arah Jakarta dan sekitarnya memadati jalur Pantura hingga jalan arteri Kabupaten Karawang, Jawa Barat, pada arus balik Lebaran 2024, Senin (15/4/24).

Kondisi arus lalu lintas di jalur Pantura hari ini cukup padat," Kasat Binmas Polres Karawang, saat ditemui di salah satu SPBU di Jalan Baru, Karawang.
Foto : Kasat Binmas AKP di SPBU jalan baru Karawang

Kasat Binmas Polres Karawang AKP Iis Puspita mengatakan, selain pemudik bersepeda motor yang akan balik ke arah Jakarta dan sekitarnya tampak pula penduduk setempat turut mewarni kepadatan lalu lintas antar Kosambi Klari hingga Tanjungpura. Selain karena saat ini sudah masuk di hari puncak arus balik Lebaran, kepadatan arus di jalan arteri Karawang juga dipicu diberlakukannya "one way" di jalan Tol Trans Jawa pada arus balik Lebaran tahun ini. Dengan pemberlakuan "one way", kendaraan dari arah Jakarta menuju Cirebon dan sekitarnya dialihkan ke jalur Pantura dan masuki jalan arteri.

Masih dikatakan AKP Iis Puspita, ada beberapa titik yang menjadi kepadatan parah di antaranya di Simpang Jomin, wilayah Cikampek, dan lain-lain, termasuk di sekitar Terimnal Klari, Jalan Baru dan Tanjungpura yang merupakan titik perbatasan Karawang-Bekasi.

Sementara berdasarkan pantuan, Senin malam ini, pemudik menggunakan sepeda motor yang akan balik ke Jakarta dan sekitarnya sudah memadati jalur Pantura hingga jalan arteri Karawang.

Kasat Binmas Polres bersama jajarannya diketahui berpatroli di sepanjang jalan arteri wilayah hukum Polres Karawang.

Kembali dikatakan AKP Iis Puspita, dalam berpatroli pihaknya selalu preemtif melakukan himbauan Kamtibmas kepada pemudik agar tetap mematuhi aturan Lalu Lintas, mengetahui batas kecepatan, pedoman arah, dan tanda-tanda lalu lintas lainnya. Jika merasa lelah mereka pun disaranakn untuk mempergunakan tempat istirahat yang tersedia misal fasilitas rest area, SPBU, atau tempat-tempat istirahat yang telah ditentukan untuk kenyamanan dan keamanan. Dan tentunya itu semua untuk mengurangi risiko kecelakaan, tegasnya. Dan pihak kami pun merasa riskan dan tentu ini perlu diingatkan kembali ke pengguna jalan utama pemudik yang melintasi Karawang, sambung Kasat Binmas, tadi terpantau banyak pemudik dalam arus balik masih saja menggunakan ponsel sambil berkemdara. Untuk itu, saat berada di tempat peristirahatan misal di area SPBU para pemudik dihimbau agar tidak menggunakan ponsel atau, perangkat elektronik selama mengemudi karena akan menganggu konsentrasi dan kesadaran pemudik yang dapat mengakibatkan kecelakaan, pungkasnya.
Foto : Jajaran Binmas Polres Karawang di Rumah Bersejarah Rengasdeklok

Sebelumnya pada hari Minggu kemarin, (14/4/24), jajaran Binmas Polres Karawang juga telah berpatroli ke sejumlah obyek wisata misal Taman Hud-hud dan rumah bersejarah di Kecamatan Rengasdengklok, Samudra Baru Pedes, Pantai Pakisjaya termasuk terambah obyek-obyek wisata alam di Kecamatan Pangkalan dan  Tegalwaru,(*)