AS Roma berhasil lolos ke semifinal Liga Europa 2023/24 setelah menang 2-1 atas AC Milan. Pertandingan leg kedua perempat final tersebut berlangsung di Stadion Olimpico, Jumat (19/4/2024) dini hari WIB.

Foto : Tim As Roma

Giallorossi melaju ke empat besar dengan agregat 3-1. Anak asuh Daniele De Rossi sebelumnya meraih kemenangan 1-0 dalam pertandingan leg pertama di San Siro pekan lalu.

Di leg kedua, Roma unggul dua gol lebih dahulu lewat aksi Gianluca Mancini dan Paulo Dybala. Milan hanya membalas dengan satu gol di babak kedua melalui Matteo Gabbia.

Gol pembuka Roma terjadi pada menit ke-12, yang dicetak Mancini. Ia mampu memanfaatkan rebound tendangan Pellegrini yang membentur tiang.

Roma menambah keunggulan lewat Dybala yang berawal dari umpan tarik Lukaku di sisi kanan. Bola diterima Dybala di area terbuka sebelum melepaskan tendangan melengkung ke tiang jauh, menjadikan skor 2-0.

Namun, pada menit ke-31, Roma harus bermain dengan 10 orang.  Zeki Celik dihukum kartu merah langsung usai menjatuhkan Leao.

Milan baru bisa mencetak gol pada menit ke-85. Umpan Leao sukses dituntaskan Gabbia menjadi gol, dengan skor 2-1 bertahan hingga laga usai.

Skuad Daniele De Rossi mengamankan tiket ke semifinal Liga Europa 2023/24 dengan agregat 3-1. Roma akan bertemu Bayer Leverkusen di semifinal.(*)