Pernah mendengar bunga Wijayakusuma? Bunga ini ternyata disebut sebagai bunga indonesia dengan kecantikan dan mitosnya yang banyak.  Bunga Wijaya Kusuma, yang juga dikenal sebagai Epiphyllum anguliger atau Queen of the Night, adalah bunga yang terkenal dengan mekarnya pada malam hari. Salah satu karakteristik paling mencolok dari bunga ini adalah aroma harum yang kuat yang menyebar saat mekar.

Bunga Wijaya Kusuma

Bunga ini memiliki kelopak yang unik, berbentuk seperti daun dan terlihat seperti ribuan lapisan bunga yang membungkus satu sama lain. Kombinasi warna putih kehijauan pada kelopaknya menambah daya tariknya. Meskipun memiliki daya tarik yang kuat, merawat Bunga Wijaya Kusuma tidak begitu sulit. Kamu perlu memberikan perhatian ekstra saat menyiramnya. Pastikan tanahnya tetap lembap, tetapi hindari terlalu banyak air yang bisa merusak akar. Bunga ini juga membutuhkan sinar matahari yang cukup, tetapi hindari sinar matahari langsung yang terlalu kuat.

Bunga Wijaya Kusuma memiliki tempat istimewa dalam budaya Indonesia. Bunga ini sering digunakan dalam upacara pernikahan, pesta, dan acara keagamaan. Keunikan bunga ini yang mekar di malam hari melambangkan keindahan yang tersembunyi dan misteri yang ada dalam kehidupan. Selain itu, di beberapa daerah, bunga ini juga dianggap sebagai simbol kemakmuran dan keberuntungan. Telah lama menjadi pusat perhatian dalam budaya dan tradisi Indonesia. Bunga yang sering mekar di malam hari ini memiliki daya tarik tersendiri dari berbagai jenis bunga di Indonesia, serta diyakini membawa keberuntungan dan rezeki.

Mandi kembang wijayakusuma, atau yang dikenal juga sebagai mandi bunga, merupakan satu di antara tradisi yang telah dilakukan secara turun-temurun oleh masyarakat Indonesia.

Mandi kembang wijayakusuma bertujuan untuk membersihkan energi negatif dan membawa keberuntungan serta keharmonisan bagi pelakunya.

Sebelum melaksanakan mandi kembang wijayakusuma, seseorang harus terlebih dahulu membersihkan diri secara lahir batin.

Selain itu, jika kembang wijayakusuma ditaburkan dalam air saat mandi, juga memiliki manfaat baik untuk kesehatan mulai dari kulit, mengatasi gangguan tidur hingga mengurasi stres.

Berikut manfaat mandi kembang wijayakusuma :

1. Melembutkan dan Menghaluskan Kulit

Kembang wijaya kusuma mengandung zat-zat alami yang diyakini dapat membantu melembutkan dan menghaluskan kulit.

Mandi dengan air yang mengandung ekstrak kembang wijaya kusuma dapat memberikan efek relaksasi pada kulit.

2. Mengurangi Stres

Aroma kembang wijaya kusuma diketahui memiliki efek menenangkan dan dapat membantu mengurangi stres.

Mandi dengan air yang mengandung aroma kembang wijaya kusuma dapat memberikan pengalaman mandi yang lebih relaks dan menenangkan.

3. Membantu Mengatasi Gangguan Tidur

Beberapa orang meyakini bahwa mandi dengan air yang direndam kembang wijaya kusuma sebelum tidur dapat membantu meredakan stres dan meningkatkan kualitas tidur.

Aroma yang menenangkan dari kembang wijaya kusuma dapat membantu seseorang rileks dan lebih mudah tertidur.

4. Merangsang Peredaran Darah

Kandungan kimia tertentu dalam kembang wijaya kusuma diyakini dapat membantu merangsang peredaran darah.

Mandi dengan air yang mengandung ekstrak kembang wijaya kusuma mungkin dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan membawa manfaat bagi kesehatan kulit.

5. Menyegarkan dan Memperindah Kulit

Mandi dengan air yang telah direndam kembang wijaya kusuma bisa memberikan kesegaran dan mempercantik kulit. 

Dikatakan bahwa kembang wijaya kusuma mengandung nutrisi alami yang dapat memberikan kelembapan dan nutrisi pada kulit.

Di balik keindahannya, bunga wijaya kusuma memiliki beragam manfaat. Bunga ini telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional untuk berbagai penyakit, seperti:

· Mempercepat penyembuhan luka

· Meredakan radang tenggorokan

· Mengatasi bisul

· Menyembuhkan batuk

· Mengatasi jerawat

Meskipun Bunga Wijaya Kusuma memiliki beberapa mitos yang menyertainya, merawat bunga ini relatif mudah. 

Dengan keunikan dan daya tariknya yang kuat, Bunga Wijaya Kusuma akan terus menjadi bagian integral dari kehidupan dan budaya Indonesia.(*)