Hampir 12.000 rumah terendam banjir di wilayah Rusia yang berbatasan dengan Kazakhstan. Permukaan air di Sungai Ural di wilayah Orenburg, Rusia, terus meninggi dan mengancam banjir lanjutan.

Banjir Rusia Rendam Belasan Ribu Rumah

Ribuan orang dievakuasi dari wilayah yang terletak sekitar 1.200 kilometer tenggara ibu kota Moskow. Mengutip Associated Press, Jumat (12/4/2024), bendungan di sungai tersebut jebol pekan lalu karena tekanan air yang melonjak. 

Pemerintah setempat telah mengumumkan keadaan darurat di wilayah tersebut. Gubernur Orenburg Denis Pasler melaporkan total 11.972 rumah serta 16 fasilitas medis negara terendam banjir. 

Ia menyampaikannya dalam konferensi video yang disiarkan televisi bersama Presiden Vladimir Putin. Banjir juga melanda Kazakhstan, dengan pihak berwenang mengumumkan kondisi darurat di 10 dari 17 wilayah negara itu. 

Banjir Rusia Rendam Belasan Ribu Rumah

Menurut laporan TASS, kondisi darurat masih diberlakukan di delapan wilayah hingga Kamis (11/4/2024). Sejak Maret, lebih dari 98.000 orang telah dievakuasi dari daerah yang terkena dampak bencana di sana.

Laporan Ria Novosti mengatakan puncak banjir di Orenburg akan terjadi pada hari Jumat. Mengutip Wakil Kepala Kota Pertama Alexei Kudinov, banjir akan stabil dalam dua hari dan kemudian akan menurun.(*)