Kontestasi Pilkada Kota Cirebon mulai menghangat. Kali ini PDIP Kota Cirebon membuka penjaringan untuk kandidat calon walikota dan wakil walikota pada Kamis (18/4/2024).

Foto para Kandidat Calon Walikota Cirebon Yang Maju Daftar Ke PDIP Kota Cirebon pada Kamis Sore (18/4/2024

Dari penjaringan yang telah dilakukan terdapat 13 nama kandidat. Mereka telah mengisi dan mengambil formulir pendaftaran. Ketua DPC PDIP Kota Cirebon, Fitria Pamungkaswati mengatakan, nama-nama tersebut selanjutnya akan menjalani proses seleksi secara berjenjang. Mulai dari DPD kemudian DPP, sampai akhirnya nanti akan diputuskan siapa mendapatkan rekomendasi dari PDIP untuk maju di Pilkada Kota Cirebon.


Dari nama yang sudah mendaftar sebagai calon walikota Cirebon sampai, Kamis (18/4/2024) berikut rinciannya: 1. Fitria Pamungkaswati 2. Edi Suripno 3. Pandji Amiarsa 4. Reza mansyur 5. Erik Setiadi 6. Prabu Diaz 7. Sarifudin 8. Reza 9. Suryana 10. Suhendrik 11. Ayatullah Roni 12. Cicip awaludin 13. Jafarudin.

Fitria menambahkan, PDIP mencari figur yang berkualitas dan bisa memimpin Kota Cirebon, mengerti permasalahan di masyarakat.

"Setelah penjaringan dan pendaftaran selesai pada tanggal 20, dilanjutkan 21 - 27 April ada fit and proper test di DPD, melengkapi seluruh persyaratan yang ada," ujarnya

Dari penjariangan itu, akan dilakukan fit and proper test di DPP berdasarkan nama-nama yang ada di DPP. Setelah itu, akan ada survei setelah nama-nama masuk.

"Saat ini para pendaftar menentukan sendiri apakah akan menjadi walikota dan wakil walikota," ucapnya.

Nantinya, sambung Fitria, DPP akan menentukan kelayakan apakah ditempatkan sebagai walikota atau wakil walikota. Sejauh ini, calon termuda yang mendaftar adalah Reza Mansyur dengan usia 33 tahun. Kemudian ada dari kalangan media yakni, Suhendrik. Tentu nama-nama dan wajah baru ini, akan memberikan warna baru.

Sementara itu, Walikota Cirebon 2 periode yang juga kader senior Partai berlogo Banteng yakni Subardi SPd mengungkapkan, penjaringan adalah niatan baik partai adalah membuka peluang kepada siapapun untuk bisa mendaftarkan dirinya.

"Ini kan baru tahapan penjaringan yang kemudian bisa ditindaklanjuti dan nantinya diputuskan DPP memberikan rekomendasi. Karena penjaringan, tentu diharapkan sebanyak-banyaknya," ujar Subardi.

Dirinya juga berharap bakal muncul kandidat yang memang benar-benar layak untuk mendapatkan rekomendasi dari DPP PDIP. Sementara itu hingga berita ini dibuat dari Partai lain di Kota Cirebon belum ada Informasi untuk membuka Daftar Calon Walikota Cirebon. (*)