Paus Fransiskus akan melakukan kunjungan kenegaraan ke Indonesia pada 3–6 September 2024. Indonesia akan menjadi negara pertama dalam tur kunjungan Paus Fransiskus ke kawasan Asia Pasifik, yang diikuti kunjungan ke Papua Nugini, Timor Leste, dan Singapura.(16/4/24).

Indonesia akan menjadi negara pertama dikunjungi Paus Fransiskus pada September mendatang di kawasan Asia Pasifik.

Pemerintah Indonesia menyambut baik rencana kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia. Undangan Presiden RI kepada Paus Fransiskus telah disampaikan melalui Duta Besar Takhta Suci Vatikan di Jakarta pada 25 Maret 2024.

Paus ke Indonesia memiliki arti penting bagi bangsa Indonesia, tidak hanya bagi umat Katolik, tetapi juga bagi seluruh umat beragama. Kunjungan ini diharapkan akan memperkuat pesan toleransi, persatuan dan perdamaian dunia,” demikian pernyataan resmi Kementerian Luar Negeri RI, Jumat kemarin,(12/4/24).

Paus Fransiskus telah merencanakan kunjungan ke Indonesia sejak 2020, tetapi belum dapat terlaksana mengingat adanya pandemi Covid-19. Bersama dengan Takhta Suci Vatikan dan pemangku kepentingan terkait, Pemerintah Indonesia terus melakukan persiapan kunjungan dengan baik.

Paus Fransiskus, yang bernama lahir Jorge Mario Bergoglio, adalah Paus Gereja Katolik ke-266, yang terpilih pada 13 Maret 2013. Sebelumnya sejak tahun 1998, ia adalah Uskup Agung Buenos Aires, Argentina.(*)