Tinggal dalam hitungan hari, umat Muslim di seluruh dunia akan merayakan hari raya Idul Fitri 1445 H. Yang paling dinanti dan identik dengan perayaan Idul Fitri atau Lebaran, selain baju baru, apalagi kalau bukan THR atau tunjangan hari raya.

Foto ilustrasi

THR bukan hanya tentang uang, tapi juga memiliki makna berbagi kebahagiaan dan rasa syukur di hari raya. THR juga menjadi simbol kepedulian dan kasih sayang kepada keluarga, anak-anak dan orang-orang yang membutuhkan Pertanyaannya adalah darimana istilah THR yang sudah menjadi kebiasaan atau tradisi di Indonesia itu berasal ?

Dinukil dari berbagai sumber, tradisi bagi-bagi THR di Indonesia kemungkinan besar dibawa oleh para pedagang muslim dari India dan Arab berabad-abad lalu. Tradisi ini kemudian bercampur dengan tradisi lokal dan kini sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari perayaan Idul Fitri di Indonesia.

Di era kekinian seperti saat ini, tradisi THR tidak hanya dilakukan oleh orang tua kepada anak-anaknya saja, tapi juga perusahaan ke karyawannya. THR sudah menjadi barang wajib yang bahkan sudah memiliki payung hukum, seperti perusahaan yang harus memberikannya kepada semua pegawainya. Tidak jarang urusan THR ini bahkan menyisakan masalah, seperti perusahaan yang didemo karyawannya karena tidak atau telat memberikan tunjangan rutin tahunan tersebut.(*)