Sekitar pukul 09.45 WIB sebuah kapal pengangkut bahan bakar minyak (BBM) dengan nama MT Kusuma II terjadi hubungan arus pendek hingga terbakar di Pelabuhan KBM Marunda, Kelurahan Marunda, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara. 

Foto :Kapal Kebakaran di Laut Jakarta

Kepala Seksi Operasi Suku Dinas (Sudin) Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu, Abdul Wahid menjelaskan kronologi terjadinya kebakaran di atas kapal tangker terebut, menurut Wahid, keterangan dari saksi menyebutkan bahwa kapal ini terbakar saat melakukan pengisian bahan bakar minyak terjadi arus pendek listrik (korsleting).

Wahid mengatakan luas area yang terbakar 63x20 meter persegi dan dengan dugaan kerugian sekitar Rp500 juta. "Kami mengerahkan sembilan unit mobil pemadam untuk memadamkan api yang membakar kapal tersebut, " kata Wahid. 

Wahid mengatakan, "Ada 45 personel yang dikerahkan untuk memadamkan api yang membakar kapal yang sedang sandar tersebut. Petugas berhasil memadamkan api tersebut dengan seluruh unit dan personel yang ada," ujar Wahid. 

Wahid mengatakan, awalnya Gulkarmat mendapatkan informasi kebakaran sekitar pukul 09.43 WIB dan personel sampai di lokasi pukul 10.09 WIB.Petugas langsung melakukan penanganan memadamkan api lalu melakukan pendinginan.

"Operasi pemadaman selesai dilakukan pukul 11.44 WIB," kata Wahid.(*)