Pebulu Tangkis tunggal putra Jepang Kento Momota, mengumumkan keputusan mengejutkan untuk pensiun dari tim nasional setelah Piala Thomas 2024. Dalam sebuah pernyataannya, Momota mengakhiri petualangannya dengan tim nasional, Kamis (18/4/2024), mengukir akhir dari era membanggakan di panggung bulu tangkis dunia.

Momota yang pernah menduduki peringkat satu dunia tunggal putra selama lebih dari 122 minggu tersebut, menjadi sebagai salah satu legenda bulu tangkis. Prestasinya yang luar biasa mencakup dua gelar Juara Asia pada tahun 2018 dan 2019.

Kento Momota

Serta pencapaian luar biasa sebagai Juara Dunia pada tahun yang sama ketika ia juga meraih gelar Juara Asia. Sepanjang karirnya Momota telah mengoleksi 16 gelar BWF World Tour, empat gelar Super Series.

Berikutnya dua gelar BWF Grand Prix, dan tujuh gelar International Challenge/Series. Namun, kesuksesannya tidak hanya terbatas pada level individu.

Ia juga menjadi bagian dari tim Jepang yang meraih kemenangan gemilang di Piala Thomas 2014. Namun, perjalanan Momota tidak selalu mulus.

Pada tahun 2016, ia tersandung dalam kasus judi ilegal. Hal itu yang membuatnya dilarang berpartisipasi dalam Olimpiade Rio de Janeiro oleh federasi bulutangkis Jepang, Nippon Badminton Association.

Tantangan besar lainnya datang pada Januari 2020, ketika Momota mengalami kecelakaan tragis di Malaysia. Kecelakaan itu tidak hanya mengguncang dunia bulu tangkis, tetapi juga berdampak pada performa Momota.

Ditambah lagi, cedera pinggang yang dideritanya pada akhir tahun 2021 menambah kesulitan dalam perjalanan profesionalnya. Meskipun dihadapkan pada berbagai rintangan, Momota tetap memberikan yang terbaik dan menorehkan namanya dalam sejarah bulu tangkis.(*)