Artis Sandra Dewi menjalani pemeriksaan di Kejaksaan Agung (Kejagung) selama kurang lebih enam jam, Kamis (4/4/2024). Perempuan berusia 40 tahun itu diminta keterangannya terkait kasus dugaan korupsi tata niaga komoditas timah.

Foto : Sandra Dewi Diperiksa Enam Jam

Kasus tersebut menyeret suami Sandra Dewi, Harvey Moeis (HM), yang telah ditetapkan sebagai tersangka. Cewek kelahiran Pangkalpinang tersebut tiba di Kejagung sekitar pukul 09.20 WIB dan selesai diperiksa pada pukul 14.10 WIB.

"Doain aja ya, jangan bikin berita-berita yang tidak benar," ujarnya usai pemeriksaan. Sandra juga memohon agar semua pihak melihat permasalahannya dengan jernih.

Kejagung telah menetapkan enam tersangka kasus korupsi tata niaga timah di wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah Tbk periode 2015-2022. Menurut Kejagung, kerugian negara yang ditimbulkan kasus tersebut diperkirakan mencapai Rp271 triliun.

Selain HM, kasus ini juga melibatkan pimpinan BUMN PT Timah Tbk dan sejumlah perusahaan swasta. Di antaranya Dirut PT Timah 2016-2021, Mochtar Riza Pahlevi Tabrani, dan sosialita Helena Lim.

Semntara Komisi III DPR RI meminta Kejaksaan Agung (Kejagung) tidak hanya fokus terhadap artis atau selebgram dalam kasus dugaan korupsi timah. Pada kasus Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah Tbk, Kejagung harus menyeret pejabat negara dan mafia pertambangan.

Wakil Ketua Komisi III DPR Habiburokhman mengatakan, legislator akan terus mendukung langkah tegas Kejagung. Mengingat, perkara ini tidak hanya dibumbui dengan keterlibatan sejumlah publik figur.

"Pasti juga ada penyelenggara (pejabat) negaranya yang terlibat. Itu harus dibongkar tuntas oleh kejaksaan," kata Habiburokhman saat ditemui di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (4/4/2024).

Kejagung, lanjtu dia, juga harus mengungkap skandal yang dilakukan pelaku. Utamanya, dalam meraup keuntungan disektor pertambangan.

"Kemudian digunakan para 'pemain' ini dalam mengeruk pundi-pundi cuan. Model anatomi kasusnya seperti apa, harusnya diungkap dengan tuntas," ujar Habiburokhman.​

Dia berharap, kasus yang menjerat suami artis Sandra Dewi, yakni Harvey Moeis itu segera selesai dengan cepat. "Kita percayakanlah ke Kejaksaan Agung," ucapnya.(*)