Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi DKI Jakarta siap menyelenggarakan 'hajatan demokrasi' Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gubernur dan Wakil Gubernur DKI tahun 2024.

Gong Pilkada DKI Resmi Ditabuh
Gong Pilkada DKI Resmi Ditabuh

Kesiapan KPU DKI ini setidaknya ditandai dengan acara seremoni pemukulan 'Gong Pemilu' oleh Ketua KPU DKI Jakarta, Wahyu Dinata, disaksikan para komisioner dan stake holder terkait, di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat. Selasa,(02/04/24).

Ketua KPU DKI, Wahyu Dinata, dalam sambutannya menyampaikan, bahwa berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) nomor 2 tahun 2024, disebutkan bahwa tahapan Pemilu atau Pilgub 2024, terdiri dari dua tahapan yakni tahapan persiapan dan tahapan penyelenggaraan. Dan saat ini di DKI sendiri telah masuk pada tahap penyelenggaraan.

"Kita sama sama tahu, pada 30 Maret 2024, di Prambanan, Jawa Tengah, KPU RI telah resmi melaunching dan menetapkan pelaksanaan Pemilukada serentak di Indonesia dilaksanakan pada 27 November 2024. Untuk itu KPU Provinsi DKI, bersama 38 provinsi dan lebih dari 514 KPU Kota/Kabupaten di Indonesia akan melaksanakan Pemilukada secara serentak pada tahun ini," kata Wahyu Dinata, di acara Sosialisasi Tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI 2024 tersebut.

Untuk itu, lanjutnya, dalam rangka sosialisasi dan suksesi pelaksanaan hajatan besar ini, KPU DKI perlu untuk lebih memperkuat keterlibatan publik dan stake holder terkait dalam proses demokrasi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI 2024.

"Tujuan acara hari ini untuk memberikan pemahaman mendalam tentang langkah-langkah penting dalam menjalankan pemilu yang berkualitas di DKI Jakarta," jelasnya.

Wahyu juga menyampaikan, dengan dilaksanakannya kegiatan sosialisasi ini diharapkan semua proses dan tahapan dalam penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI 2024 bisa berjalan sukses dan lancar sesuai jadwal dan harapan bersama.(*)