Timnas U-23 Korea Selatan (Korsel) mengalahkan Jepang 1-0 pada laga pamungkas Grup B Piala Asia U-23, Senin (22/4/2024) malam. Kemenangan di Stadion Jassim Bin Hamad, Al Rayyan, Qatar, membuat Korsel juara Grup B dan akan menantang Indonesia di perempat final.

Timnas Indonesia U-23

Jepang menguasai pertandingan di awal babak pertama. Korea baru menebar ancaman satu menit jelang babak pertama usai saat tembakan Hong Yun-sang melebar ke sisi kanan gawang Jepang.

Pertandingan berjalan lebih menarik di babak kedua. Korea dan Jepang silih berganti melakukan serangan untuk bisa memenangi pertandingan.

Korea kemudian bisa unggul atas Jepang pada menit ke-75. Umpan sepak pojok Lee Tae-seok yang mengarah ke tiang jauh disambut sundulan Kim Min-woo yang berhasil membobol gawang Jepang.

Ini adalah gol pertama yang bersarang ke gawang Jepang di Piala Asia U23 2024. Jepang kemudian meningkatkan tekanan dan beberapa kali membombardir gawang Korsel.

Upaya keras terus dilakukan Jepang untuk bisa menyamakan kedudukan. Namun para pemain Korsel tampil solid dan mempertahankan keunggulan 1-0 hingga wasit meniup peluit panjang.

Hasil ini memastikan Korsel sebagai pemenang Grup B dengan poin sempurna sembilan dari tiga laga. Alhasil, pelatih Shin Tae-yong akan menghadapi negara kelahirannya saat menakhodai Garuda Muda di babak perempat final.

Sementara itu, Samurai Biru menghadapi juara Grup A Qatar pada laga 8 besar. Babak perempat final Piala Asia U-23 2024 dijadwalkan akan berlangsung pada Kamis (25/4/2024) waktu Qatar.(*)

Susunan Pemain:

Jepang U-23: 1 L. Kokubo, 5 S. Kimura, 15 K. Suzuki, 21 A. Ohata, 4 H. Sekine, 7 R. Yamamoto, 13 R. Araki, 6 S. Kawasaki, 11 F. Yamada, 9 S. Fujio, 10 K. Sato   

Pelatih: G. Oiwa 

Korsel U-23: 1 Kim Jeong-Hoon, 2 Cho Hyun-Taek, 5 Byeon Jun-Soo, 3 Hwang Jae-Won, 4 Seo Myung-Guan , 13 Paik Sang-Hoon , 19 Kim Min-Woo, 14 Kang Sang-Yoon, 17 Eom Ji-Sung , 18 Kang Seong-Jin, 6 Lee Young-Jun 

Pelatih: Hwang Sun-Hong.