Pada hari Senin lalu, 22 April 2024, Mahasiswa Ilmu Komunikasi dari President University menggelar kegiatan school visit yang merupakan bagian dari program SMASH-IH (Satu Aksi Mewujudkan Sekolah Bersih) tahun 2024. (26/4/24).

Acara yang digelar di SMAN 1 Cikampek ini berhasil menarik perhatian ratusan siswa dan mendapat sambutan hangat dari para guru di sekolah tersebut.

“Bersama-sama kita mewujudkan lingkungan sekolah yang bersih dan sehat,” ujar Karsidi, Koordinator Adiwiayata sekolah sehat.

“Kami berterima kasih kepada para mahasiswa dan Bu Iis atas kehadirannya. Semoga acara ini memberikan manfaat yang besar, khususnya dalam meningkatkan kesadaran dan kepedulian siswa terhadap kebersihan lingkungan sekolah,” tambahnya.

Acara tersebut menampilkan berbagai kegiatan menarik, mulai dari sesi berbagi informasi, sesi tanya jawab, permainan, hingga flashmob dengan jingle SMASH-IH 2024 yaitu “Don’t Forget to Recycle”.

Praktek pemilahan sampah yang ditukar dengan minuman juga menjadi salah satu highlight yang membuat para siswa terlibat dengan antusias.

“Rangkaian acara yang di hadirkan hari ini sungguh menginspirasi. Ini semakin memotivasi sekolah kami untuk aktif dalam mengelola sampah sehari-hari, yang tidak hanya bermanfaat bagi lingkungan tetapi juga dapat menjadi nilai ekonomis," kata Kepala Sekolah SMAN 1 Cikampek yang menyampaikan apresiasi terhadap kegiatan ini.

SMASH-IH 2024 adalah upaya Mahasiswa Ilmu Komunikasi yang bekerja sama dengan Briga Sustainability Center dan Smash Indonesia dalam upaya meningkatkan kesadaran akan pengelolaan sampah berbasis digital, menunjukkan komitmen mereka terhadap pembangunan lingkungan yang berkelanjutan.

Foto : Relawan Sampah Latanza

Dengan suksesnya acara school visit ini, diharapkan semakin banyak sekolah dan masyarakat yang terinspirasi untuk turut serta dalam menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan.

“Mari ubah mindset kita bahwa kini sampah bukan suatu hal yang menjijikkan, tetapi menjanjikan,” tutup  Iis yang merupakan Direktur Bank Sampah Latanza Karawang.(*)

Penulis: Regina Nurmala Parulian