Breaking News
---

Pelabuhan Merak Macet Parah, Kapolri Berikan Catatan Khusus

Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo memberikan, catatan khusus untuk kawasan Pelabuhan Merak, Banten. Sejak arus mudik Lebaran H-5 atau Jumat (5/4/2024), kemacetan terjadi dari dalam tol hingga Pelabuhan Merak.

Pelabuhan Merak Macet Parah, Kapolri Berikan Catatan Khusus

Listyo mengatakan, pihaknya akan mendorong mempercepat proses bongkar muat kendaraan pemudik di kapal feri. "Mudah-mudahan dalam waktu dekat segera bisa diselesaikan," ujar Sigit dalam keterangan persnya, Minggu (7/4/2024).

Sigit menyadari, pentingnya Polri mengevaluasi secara cepat penyebab kemacetan di Pelabuhan Merak tersebut. "Kami telah menemukan sumber permasalahan terkait adanya antrean panjang di kawasan tersebut," ucap Sigit.

Kemudian, Sigit menuturkan, arus mudik penyeberangan antara Pulau Jawa dan Sumatra itu terbatas. Pelabuhan Merak memiliki 10 titik penyeberangan dan Pelabuhan Bakauheni memiliki tujuh titik penyeberangan.

"Sehingga sisanya terpaksa untuk menunggu. Arus mudik penyeberangan dari Jawa ke Sumatra terbatas," ujar Sigit.

Diberitakan sebelumnya, Polda Banten menyebut kepadatan kendaraan pemudik di ruas Tol Jakarta-Merak mulai terjadi sejak Jumat (5/4/2024). Macet panjang itu terjadi sejak malam pukul 23.00 WIB hingga Sabtu dini hari.

Volume kendaraan yang masuk ke jalur tersebut pun terus meningkat sejak Sabtu pagi. Sehingga kepolisian pun telah menerapkan delay system  di pintu keluar Tol Merak.

Semua itu, guna mengurai kepadatan kendaraan pemudik yang menuju Pelabuhan Merak mulai dari rest area KM 43. Dan juga, KM 68 Tol Jakarta-Merak.(*)
Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan