Persija Jakarta berhasil mengalahkan Persis Solo 1-0 pada lanjutan BRI Liga 1 2023-2024. Gol tunggal Marko Simic mengantarkan Macan Kemayoran meraih kemenangan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Rabu (17/4/2024) malam.

Pemain Persija

Tampil di hadapan publiknya sendiri, Macan Kemayoran mencoba tampil menekan. Akan tetapi, serangan yang mereka lancarkan masih terlalu polos sehingga mudah dipatahkan pertahanan Persis Solo.

Persis Solo karena harus bermain dengan 10 orang pada menit ke-18. Gavin Kwan Adsit dikartu merah karena mengangkat kaki terlalu tinggi saat berduel dengan Akbar Arjunsyah.

Persija mendapat peluang di menit ke-31 lewat tandukan Marko Simic yang masih bisa diamankan kiper Persis Solo, Gianluca Pandeynuwu. Selang lima menit, giliran Gustavo Almeida yang ciptakan peluang lewat tendangannya yang kembali bisa diamnkan Gianluca Pandeynuwu.

Di menit ke-40, Macan Kemayoran kembali dapat peluang lewat sontekan Maciej Gajos. Gajos kembali nyaris cetak gol lewat sundulannya di menit ke-44, alhasil kedua tim bermain imbang tanpa gol di babak pertama.

Di babak kedua, Persija malah harus kehilangan satu pemain. Tim Macan Kemayoran harus bermain dengan 10 pemain setelah Syahrian Abimanyu diusir wasit.

Syahrian menerima kartu kuning kedua pada menit ke-72. Kartu kuning kedua itu diberikan wasit setelah Syahrian dianggap melanggar Arkhan Kaka dalam duel perebutan bola.

Sama-sama bermain dengan 10 orang, Persija pada akhirnya bisa membuka keunggulan pada menit ke-79. Gol dicetak pemain asing asal Kroasia, Marko Simic.

Simic mencetak gol melalui sundulan memanfaatkan umpan yang diberikan sesama pemain impor, Ondrej Kudela. Skor 1-0 untuk kemenangan Persija bertahan hingga laga usai.

Kemenangan ini membawa Persija naik ke posisi 10 dengan 41 poin. Sementara Persis Solo tertahan di posisi kedelapan dengan 44 poin.

Susunan Pemain:

Persija Jakarta (3-4-1-2): Andritany Ardhiyasa; Akbar Arjunsyah (Sandi Arta Samosir 71’), Ondrej Kudela, Hanif Sjahbandi; Oliver Bias (Riko Simanjuntak 46’), Maciej Gajos, Resky Fandi, Syahrian Abimanyu; Ryo Matsumura; Marko Simic (Tony Sucipto 87'), Gustavo Almeida.

Pelatih: Thomas Doll.

Persis Solo (4-3-3): Gianluca Pandeynuwu; Gavin Kwan, Jaimerson, Rian Miziar, Eky Taufik; Alexis Messidoro, Sho Yamamoto, Arapenta Poerba (Taufiq Febriyanto 46’); Arkhan Kaka, Alfath Fathier, David Gonzalez (Irfan Jauhari 70’).

Pelatih: Milomir Seslija.