Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) menyebut perbaikan pintu Bendung Katulampa yang sempat jebol pada Minggu lalu, akan diperbaiki setelah Hari Raya Idul Fitri.

Pintu Bendung Katulampa yang Jebol Diperbaiki Setelah Lebaran

Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas Pengelola Sumber Daya Air (UPTD PSDA) Wilayah Sungai Ciliwung-Cisadane, Hendra Wardana mengatakan, pihaknya akan melakukan perbaikan secara permanan untuk memastikan seluruh pintu bentungan berfungsi dengan baik. Hal itu baru bisa dilakukan setelah libur lebaran, mengingat banyak aktivitas yang libur termasuk operasional toko material.

“Kondisinya karena sudah Lebaran, toko-toko material tutup, cari kayu susah. Juga personel dan pegawai sipil banyak yang sudah mudik Lebaran, habis Lebaran Insya Allah percepatan. Dari BBWSCC, dari pusat juga yang akan membantu untuk pintu pengurasan dan penanganan permanen,” kata Hendra, Senin (8/4/2024)

Sementara itu Petugas Bentung Katulampa Andi Sudirman menyebut saat ini pintu bendung yang rusak sementara dilakukan penanganan secara temporer dengan menutup pintu penguras menggunakan bambu. Hal itu agar memastikan aliran air tetap berjalan ke arah irigasi.

"Kami berupaya intinya agar air bisa masuk saluran irigasi kamu membuka sodetan di depan bendung memakai karung dan kita menutup pintung bendung dengan sekat balok atau bambu," terangnya.

Sebelumnya, salah satu pintu penguras di Bendung Katulampa Kota Bogor jebol akibat diterjang air saat hujan deras terjadi Jumat (5/4/2024).

Selain memperbaiki pintu bendung yang jebol, BBWSCC juga akan melakuka perbaikan seluruh pintu penguras air, mengungat pintu-pintu air tersebut terakhir mendapat penanganan pada tahun 2002.