Polisi menyimpulkan kecelakaan maut di Tol Jakarta-Cikampek (Japek) KM 58 disebabkan sopir mobil Gran Max mengalami kelelahan. Hal ini terungkap setelah investigasi mendalam pihak Polri terhadap insiden yang terjadi pada Senin (8/4/2024).

Polisi Sebut Kelelahan Sopir Penyebab ​Kecelakaan Tol Jakarta-Cikampek

Demikian dikatakan Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Trunoyudo Wisnu Andiko, Senin (15/4/2024). "Berdasarkan investigasi dan catatan perjalanan, pengemudi mengalami kelelahan dan microsleep," ujarnya.

Pengemudi mobil Gran Max bernomor polisi B 1635 BKT yang naas itu diketahui bernama Ukar Karmana (55). Kendaraan tersebut tiba-tiba keluar dari jalur contraflow dan dihantam bus dari arah berlawanan hingga akhirnya habis terbakar.

Akibatnya, seluruh 12 penumpang Gran Max termasuk Ukar tewas dengan mengenaskan. Saat ini, para korban sudah teridentifikasi dan diserahkan kepada pihak keluarga untuk dimakamkan.

Menurut Trunoyudo, pengemudi sudah melakukan perjalanan bolak-balik Jakarta-Ciamis dari tanggal 5 hingga 8 April 2024. "Berdasarkan keterangan para saksi, aktivitas mengemudi yang bersangkutan sangat tinggi," ujarnya. 

Mengenai hasil investigasi selanjutnya, Trunoyudo mengatakan masih dalam proses pengembangan. "Hanya ini yang bisa kami sampaikan sementara," ujarnya.​(*)