Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Cianjur mengamankan seorang pelaku pencuri, yang kerap melakukan aksinya di minimarket.

Kapolres Cianjur AKBP Aszhari Kurniawan menunjukan barang bukti kejahatan pelaku pembobol minimarket.(Foto:Dok/Bidhumas Polda Jabar).

Kepala Bidang Humas Polda Jawa Barat Kombes Pol. Jules Abraham Abast mengatakan, tersangka berinisial A (37) warga Kecamatan Mande Kabupaten Cianjur merupakan spesialis pencurian di minimarket.

“Dari pengakuan dan hasil penyelidikan, tersangka sudah enam kali melakukan kejahatannya. Sasarannya adalah minimarket di wilayah Cianjur,”jelas Jules Abast, Rabu (3/4/2024).

Jules Abast juga mengatakan, modus operandi tersangka adalah membobol atap minimarket dan mengasak barang yang ada di dalam. Sementara Kapolres Cianjur AKBP Aszhari Kurniawan menjelaskan, sebelum melakukan aksinya, tersangka bersa dua orang pelaku yang kini buron, mengintai sasaran kejahatannya.

“Untuk modus operandi, para pelaku ini sebelumnya sudah menggambar atau mengintai minimarket yang tidak dijaga oleh karyawan, tidak buka 24 jam. Kemudian digambarkan juga situasi di sekitarnya seperti apa termasuk juga bagaimana cara masuk ke minimarketnya nanti, bahkan selain membobol teralis toko ada juga yang membobol melalui atap,” ucap Kapolres Cianjur .

Aszhari menambahkan, setelah berhasil masuk kedalam minimarket, pelaku mengambil barang-barang yang ada di minimarket, seperti rokok, susu formula, minyak goreng, dan juga kosmetik. Barang yang diambil tersangka memiliki nilai ekonomis tinggi.

“Selain barang bukti hasil curian yang berhasil diamankan oleh petugas, kami juga berhasil mengamankan barang bukti alat diantaranya linggis, tang besi, gergaji besi dan termasuk juga rekaman CCTV yang ada di salah satu minimarket yang menjadi sasaran pelaku. Pelaku tidak ingin terekam CCTV saat melakukan aksinya sehingga mereka juga mencuri rekaman CCTV tersebut,”jelasnya.(*)