Korlantas Polri akan kembali memberlakukan sistem contraflow dari KM 72 Tol Cipali sampai dengan KM 47 Tol Jakarta-Cikampek. Pemberlakuan ini saat arus balik libur Lebaran dari tanggal 12 sampai dengan 14 April.

Korlantas Polri Akan Berlakukan 'Contraflow' saat Arus Balik Lebaran 2024

“Setelah one way, kami akan melakukan contraflow sampai dengan KM 47,” ujar Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol. Aan Suhanan. Ia menjelaskan, pertimbangannya tetap memberlakukan contraflow arus balik, setelah dilakukan evaluasi setelah kejadian kecelakaan lalu lintas di KM 58.

Dia mengatakan, pada saat volume kendaraan di satu penggal jalan mengalami kelebihan daya tampung (over load) maka perlu upaya-upaya untuk melakukan penambahan kapasitas jalan. “Secara universal di negara manapun, akan melakukan penambahan kapasitas jalan dengan apa? Yaitu dengan contraflow,” katanya.

Aan menekankan, penerapan contraflow arus balik dilaksanakan dengan mengikuti catatan evaluasi yang disampaikan oleh pemangku kepentingan terkait, termasuk ahli. Evaluasinya, yakni dengan mengerahkan safety car, penambahan rambu-rambu dan pembatas jalan.

Selain itu, menempatkan petugas di setiap median jalan, dari Jasamarga maupun Korlantas Polri. Selain contraflow, pembatasan operasional angkutan barang juga diberlakukan sampai tanggal 16 April mendatang.

“Itu beberapa upaya yang kami lakukan, kemudian untuk kendaraan-kendaraan penyelamat, derek, ambulans, pemadam kebakaran, akan diperbanyak di ruas-ruas contraflow. Sehingga kecepatan untuk menangani gangguan maupun kecelakaan di contraflow akan lebih cepat lagi,” ujar Aan.(*)