Sebanyak 1926 Pejabat Fungsional P3K Dinas Kesehatan dilantik Bupati Cirebon, Imron didampingi Wakil Bupati Cirebon, Wahyu Tjiptaningsih di salah satu hotel Hotel Apita Jl. Tuparev Kedawung, Jumat (19/4/2024). 


Bupati Cirebon, H. Imron melantik ribuan ASN P3K tenaga kesehatan di Kabupaten Cirebon, (19/4/2024) (Foto:Dok. Diskominfo)

Usai pelantikan, Bupati Imron mengharapkan seluruh P3K tenaga kesehatan fokus untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

"Kami berharap peran-peran dari ASN P3 yang baru dilantik untuk memberikan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat dan juga sebagai pemberi arahan, bimbingan kepada masyarakat tentang hidup sehat," kata Imron. 

Selain itu, ASN P3K yang dilantik bisa bekerja dengan baik, disamping juga harus memberikan layanan informasi dan pendidikan, pembinaan terhadap masyarakat tentang fungsi masyarakat.

Ditambahkan Imron, penggajian untuk para ASN P3K yang baru dilantik tersebut akan diberikan pada bulan Mei 2024 bersumber dari APBD Pemda Kabupaten Cirebon melalui pengajuan kepada pemerintah pusat.Sedangkan untuk tenaga honorer, pihaknya akan terus memproses perubahan status menjadi ASN P3K. 

Pada akhir tahun 2024, Imron menyebutkan akan ada evaluasi mengenai jumlah sisa honorer yang belum dilantik dan juga kebutuhan riil pegawai di Kabupaten Cirebon. BKPSDM melakukan kajian untuk memetakan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang masih memerlukan ASN P3K sehingga tenaga honorer bisa dituntaskan sampai tahun 2025 mendatang. 

Selain pelantikan ASN P3K Dinas Kesehatan kemudian dilanjutkan dengan pelantikan ASN P3K guru.(*)