Breaking News
---

Semifinal Piala Asia U-23: Timnas Garuda Muda Vs Uzbekistan, Ini Komentar Pelatih Srigala Putih Muda

 Timnas U-23 Uzbekistan akan menjadi lawan yang sulit bagi Indonesia di semifinal Piala Asia U-23 2024. Serigala Putih Muda mencatatkan statistik yang mengerikan sejak fase grup hingga babak perempat final.

Timnas Uzbekistan

Partai Indonesia vs Uzbekistan akan dimainkan pada hari Senin (29/4/2024) mendatang. Pertandingan akan berlangsung di Abdullah bin Khalifa Stadium pada pukul 21.00 WIB.

Timnas Indonesia melaju ke semifinal usai mengalahkan Korea Selatan di babak perempat final, Jumat (26/4/2024). Dalam laga yang digelar di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Garuda Muda menang 11-10 lewat drama adu penalti.

Sementara Uzbekistan memastikan satu tempat di semifinal usai mengalahkan Arab Saudi pada Jumat malam. Mereka menyingkirkan sang juara bertahan dengan skor meyakinkan 2-0.

Menurut catatan di laman AFC, Uzbekistan menjadi tim paling produktif dengan catatan 12 gol sepanjang turnamen. Tim pasukan Timur Kapadze itu juga menjadi tim dengan pertahanan terbaik, karena belum kebobolan hingga semifinal.

Selain itu, Uzbekistan juga mampu menyapu bersih empat laga di Piala Asia U-23 2024 dengan kemenangan. Di fase grup mereka mampu mengalahkan Vietnam, Malaysia, dan Kuwait untuk menjadi juara Grup D dengan poin sempurna.

Di babak perempat final kemarin melawan Arab Saudi, Serigala Putih Muda melumat juara bertahan dengan skor 2-0 tanpa balas. Sang pelatih, Timur Kapadze mengatakan keberhasilan timnya bisa terjadi karena kerja sama tim yang apik.

"Ini jelas karena usaha tim. Pertahanan selalu dimulai dari pemain lini depan. Kami tidak pernah kebobolan karena kerja sama tim yang bagus," ujar Kapadze dikutip dari laman resmi AFC, Sabtu (27/4/2024).

Uzbekistan menjalani laga melawan Indonesia di semifinal Piala Asia U-23 2024 sebagai tim favorit juara. Namun, Kapadze mengatakan Tim Garuda Muda tidak bisa diremehkan.

"Indonesia tim yang kuat, mereka menunjukkan kemampuan itu saat mengalahkan Korea Selatan. Mulai saat ini kami akan mulai persiapan untuk pertandingan semifinal," ucap pelatih 42 tahun itu.

Uzbekistan merupakan runner-up Piala Asia U-23 2022. Prestasi terbaik Serigala Putih Muda adalah menjadi juara pada Piala Asia U-23 2018.

Meski demikian, Indonesia tetap punya kesempatan memenagkan pertandingan. Apalagi, anak asuh Shin Tae-yong mampu menumbangkan negara-negara kuat seperti Australia, Yordania, hingga Korea Selatan.

Pelatih Timnas U-23 Uzbekistan, Timur Kapadze, memuji kekuatan Indonesia jelang semifinal Piala Asia U-23 2024. Dia mengisyaratkan, tim berjulukan Garuda Muda itu bukan lawan yang mudah untuk ditaklukkan.

Uzbekistan lolos ke semifinal setelah mengalahkan juara bertahan, Arab Saudi 2-0. Sementara, Indonesia mengalahkan Korea Selatan dengan skor 11-10 lewat adu penalti pascaimbang 2-2 selama 120 menit di perempat final.

Uzbekistan dan Indonesia akan saling berhadapan pada babak semifinal di Abdullah bin Khalifa Stadium, Doha, Senin (29/4/2024) malam WIB. Jelang laga tersebut, Kapadze menilai Garuda Muda merupakan tim yang kuat, karena berhasil mengalahkan tim-tim besar, seperti Korea Selatan dan Australia.

"Kami menyaksikan pertandingan Indonesia melawan Korea Selatan. Mereka menunjukkan bahwa mereka mampu tampil melawan tim-tim besar,” kata Timur Kapadze, dalam jumpa pers, seperti dikutip laman AFC, Sabtu (27/4/2024).

Mantan pelatih FC Olympic ini menyadari pasukan Shin Tae-yong tidak bisa dipandang remeh. Menurutnya lawan mereka kali ini memiliki mental tangguh dan teruji.

"Jadi mulai sekarang dan seterusnya. Kami akan mulai menganalisis dan mempersiapkan diri dengan baik," ucapnya menambahkan.

Sementara itu pemain depan Uzbekistan, Khusain Norchaev, menegaskan tekad timnya untuk menjadi juara Piala Asia U-23 2024. Ia juga menegaskan, timnya bertekad untuk melewati hadangan Indonesia di semifinal.

“Sangat bagus untuk menang melawan mereka (Arab Saudi), tapi ini hanya perempat final, kami masih perlu bersiap untuk dua pertandingan lagi. Saya percaya kami dapat melakukan lebih banyak lagi, dan kami akan siap untuk pertandingan itu,” ujar Khusain Norchaev.

Timnas U-23 Indonesia dan Uzbekistan sama-sama akan berjuang merebut tiket Olimpiade 2024. Kesempatan itu bisa didapat bisa berhasil lolos ke final.

Peringkat pertama hingga ketiga turnamen ini berhak meraih tiket lolos otomatis ke Paris. Sedangkan peringkat keempat harus menjalani laga play-off melawan wakil Afrika.(*)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan