Sebanyak sembilan Bakal Calon Bupati (Bacabup) Tangerang telah mendaftar ke Partai Demokrat dari berbagai kalangan dan politisi. Mereka berebut agar dapat diusung partai mercy pada kontestasi Pilkada serentak pada November 2024 mendatang.

Target 12, Sembilan Bacabup Tangerang Daftar Demokrat

"Kami membuka pebdaftaran Bacabup Tangerang sejak Senin, kemarin dan hari ini sudah sembilan orang yang mendaftar. Sedangkan kami menargetkan 12 pendaftar," ujar Nawa Said Dimyati, Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Tangerang, Rabu (24/4/2024).

Nawa mengaku, partai yang dikomandoi Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) ini masih menunggu tiga orang pendaftar lain termasuk dirinya. Terlebih, sebelumnya mereka telah mengkonfirmasi mau mengambil formulir.

"Ya tapi belum tau jam berapa datangnya. Tapi ada dua orang lagi sebenernya yang masih kita tunggu, karena sebelumnya mereka telah mengkonfirmasi mau ambil formulir," ucapnya.

Jadi setelah proses pendaftaran ini selesai, sambung Nawa, dan para Bacabup mengembalikan formulir, kemudian dilaporkan kepada DPP Partai Demokrat melalui DPD Parati Demokrat Provinsi Banten.

"Disanalah kami akan mendapat arahan terkait tahapan selanjutnya seperti apa? Yang jelas, tahapan seperti wawancara, survei elektabilitas dan popularitas itu pasti ada. Hanya saja uji publik tersebut akan dilakukan secara terbuka nantinya," kata Nawa.

Ditambahkan Ketua Satgas Penjaringan Bacabup Partai Demokrat Kabupaten Tangerang, A Syamsul Buldan, hari pertama ada dua orang, yang pertama, Mad Romli (mantan Bupati Tangerang). Selain itu, Mad Romli juga ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Tangerang.

"Lalu, kedua Iskandar Mirsyad yang merupakan mantan Sekda Kabupaten Tangerang. Hari ke-dua itu Chris Indra Wijaya (politisi Partai NasDem, Red) dan Intan Nurul Hikmah yang merupakan anggota DPRD 2009-2014 dari Partai Golkar," ujarnya.

Kemudian, lanjutnya, H Didi (mantan birokrat Kabupaten Tangerang, Red). Ada juga Komarudin, Asda I Provinsi Banten serta Sekda Kabupaten Tangerang Moch Maesal Rasyid.

"Dari internal Partai Demokrat adalah Pinan yang merupakan caleg terpilih untuk DPRD Provinsi Banten dapil B. Pinan mendapatkan suara tertinggi pada Pileg 2024, kemarin," kata Syamsul.(*)