Pasukan TNI menembak dua anggota Organisasi Papua Merdeka (OPM) di Kampung Paro, Distrik Kenyam, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan, Jumat (19/4/2024). Dua anggota OPM itu, sebelumnya beberapa kali menyerang pos TNI di Kampung Paro sejak awal 2024.

TNI Tembak Dua Anggota OPM Penyerang Pos Paro

Prajurit Komando Operasi TNI (Koops TNI) Habema kali ini berhasil membalas serangan dengan menembak balik kedua pelaku yang merupakan anak buah Egianus Kogoya.

"Keberhasilan TNI melumpuhkan kekuatan OPM di Paro merupakan bagian dari upaya untuk menjaga stabilitas keamanan. Demi lancarnya percepatan pembangunan di Papua," ujar juru bicara  Koops Habema, Letkol Arh Yogi Nugroho, dalam keterangannya, Jumat (19/4/2024).

Meski dua anggota OPM yang ditembak melarikan diri, prajurit TNI berhasil menyita sejumlah senjata dan amunisi milik pelaku. Senjata yang disita adalah pistol FN beserta magasinnya, magasin senapan SS-2, serta 27 butir amunisi 5,56 mm.

TNI juga menyita bendera bintang kejora, busur, dan beberapa anak panah, parang, serta noken. Diketahui, OPM berulang kali berusaha menyerang Pos TNI di Kampung Paro. 

Niat OPM, jelas Yogi, untuk mengganggu stabilitas keamanan. Ia menyebut, pihaknya bisa melumpuhkan kekuatan OPM di Paro. (*)