Breaking News
---

Siap Kolaborasi Ternak Sapi dan Domba, Kades se Cilamaya Kulon Studi Tiru ke Gunung Kidul Jogjakarta

Para kades se Kecamatan Cilamaya Kulon serius menggarap usaha penggemukan dan pembesaran bibit sapi dan domba ternak yang akan di alokasikan pada pos ketahanan pangan Dana Desa (DD) tahun ini dan tahun 2025 mendatang. Pasalnya, belajar strategi pakan, penggemukan hingga pengadaan bibit sapi unggulan, para kades bergerak ke Gunung Kidul Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akhir pekan kemarin. 

Foto : Para Kades dan PKK se Cilamaya Kulon Saat Study Tiru ke Jogjakarta

Sekretaris Ikatan Kepala Desa (IKD) Cilamaya Kulon, Abdul Hakim alias Lurah Saglak mengatakan, study tiru ke Gunung Kidul bukanlah tanpa alasan karena, para kades ingin pengembangan serius ternak ketahanan pangan Dana Desa ditahun ini maupun tahun depan yang di kelola kelompok maupun BumDes. Yang di tiru, sebut Saglak mulai strategi pakan, konsentrat, penggemukan bibit sapi ideal, pengadaan maupun varietasnya agar mampu kompetitif di Cilamaya Kulon. Bahkan, untuk pengadaan sapi dan domba pihaknya siap kolaborasi dengan pihak Gunung Kidul termasuk pembibitan dalam beternak.

"Kita belajar dari kesuksesan peternakan sapi di Jogjakarta ini. Mengapa tidak kita replikasi di Cilamaya Kulon agar produktivitas ternak domba dan sapi dari pos anggaran dana desa ini berkembang dengan kompetitif, " Kata Abdul Halim L, Senin (27/5/2024).


Foto : Para Kades dan PKK se Cilamaya Kulon Saat Study Tiru ke Jogjakarta

Untuk anggaran sendiri, sebut Saglak semua sepakat teralokasi dari DD, betapapun ada sebenarnya penganggaran adalah untuk ketahan pangan yang alokasinya untuk ternak sapi dan Domba, itu tambahnya ada yamg sudah dianggarkan tahun kni ada juga yang dianggarkan THN depan, karena ketahanan pangan di tahun sekarang sudah ada yang alokasinya untuk kegiatan Fisik. 

"Ada yang sudah tahun ini, ada juga yang tahun depan. Sebenarnya juga sudah ada yang  berjalan di alokasi itu, tinggal pengembangannya saja, " Ujarnya.

Kerjasama dengan Gunung Kidul, adalah salah satunya pengadaan bibit sapi unggul serta pakan ternak yang bisa secara manual (Bukan Pabrikan) untuk dikonsentratkan, semoga harapan ini bisa terwujud dengan optimal dan di kelola dengan sebaik-baiknya. 

"Selain ternak sapi, rombongan kades juga bersama untuk ibu-ibu PKK, dimana mereka diberikan pelatihan cara pembuatan Bakpia uang sohor dan jadi andalan DIY, " Pungkasnya. (Rd)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan