Breaking News
---

Menggunduli Rambut, Tumpengan, Potong Sapi, Selamatan, Santunan, Ziarah Hingga Rencana Tour Ekspresikan Tasyakuran Perpanjang Masa Jabatan Kades di Karawang

Rabu istimewa, hal itu nampak dari kegiatan minggon desa yang berbeda Ari biasanya. Pasalnya, Rabu ini (5/6/2024) sebanyak 282 kepala desa yang sudah menerima SK Bupati penyesuaian masa jabatan, tengah sumringah dan mengekpresikan kegembiraannya lewat tasyakuran beragam. 

Selain Kades dan Aparat desa yang menggunduli rambut di Desa Kalijati, Bayurlor, Pasirjaya dan Rawagempol Wetan, minggon Rabu ini juga nampak sesajen tumpeng mewarnai aula-aula kantor desa untuk di makan berjamaah seperti Desa Pulosari, Karyamukti, Tegalwaru dan Muktijaya. 
Foto : Ragam Kegiatan Tasyakuran desa-desa menyambut Kades dengan penyesuaian masa jabatan di Minggon Desa

Tak hanya itu, peserta minggon juga nampak di beberapa desa membludak karena sang kades menghadirkan para anak yatim, jompo dan dhuafa untuk di santuni sebagai ekspresi  tasyakuran seperti di Desa Karangtanjung dan Ciwaringin. 

"Kalau saya besok kang, syukuran menggunduli rambut bersama aparat juga santunan, " Kata Kades Kalijati Deni Supriyatna. 

Senada dikatakan Kades Karangtanjung, Juhari SH, dirinya bersama RSU Amanda saling berkontribusi santunan anak-anak yatim dan jompo. Itu salah satu dari kegiatan yang sudah ia rencanakan ketika SK perpanjangan masa jabatan kades ini terbit. 
"Alhamdulillah, kita gelar santunan di acara minggon, " Katanya. 

Kades Pasirjaya Abdul Hakim Atau Lurah Saglak mengatakan, dirinya memilih tasyakuran di malam jumatan besok dan merencanakan ziarah waliyullah bersama aparat desa. 
"Kalau di desa saya nanti mau ziarah bersama aparat dan syukuran di malam jumat saja, " Ungkapnya. 

Kades Rawagempol Wetan H Udin Abdul Gani mengatakan, dirinya tidak menggelar tasyakuran di kantor desa, tapi makan berjamaah di rumahnya bersama aparat dan tetangga sekitar. Namun sebagai ungkapan tasyakakur, pihaknya juga akan rencanakan tour bersama aparat desa di Bulan Juli mendatang. 
"Makan di rumah berjamaah, gak di desa, termasuk nanti Iedul qurban juga ia siap qurban sapi/domba untuk makan berjamaah di kantor desa, termasuk Kalau Tour nanti kita agendakan Bulan Juli, " Katanya.

Kades Karyamukti Hj Iim Rohimah mengatakan, sedari pagi buta dirinya bersama tim dapur masak bersama untuk makan bersama di acara minggon yang langsung di gelar di rumahnya. Selain Kapolsek dan Muspika, semua aparat juga hadir sebagai bentuk tasyakuran.

"Makan-makanan saja kang, bareng aparat dan muspika juga, " Ujarnya. (Red)
Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan