KARAWANG,PELITA ON LINE-.

Tahun ajaran baru segera tiba 2010-2011,Bagi lulusan SLTA/sederejat lain nya yang berminat untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi mesti bersiap dan berupaya maksimal untuk berkompetisi.Fenomena ini terjadi setiap tahun ajaran baru,semakin banyak lulusan semakin menambah tingkat persaingan namun jelas dalam arti positip.

Bagi sebagian orang semakin sulit memperoleh kesempatan untuk mendapatkan pendidikan yang layak,selain persaingan yang ketat faktor biaya juga berpengaruh/obyektif.
Pendidikan sangat menentukan masa depan,salah memilih perguruan tinggi atau,program studi bisa berdampak pada masa depan Anda.

Berikut beberapa hal yang dapat menjadi pertimbangan oleh calon mahasiswa dalam memilih perguruan tinggi atau program studi;
a.Tentukan Minat

Ketahui minat, bakat atau hobi sebelum memutuskan untuk memilih program studi di sebuah perguruan tinggi. Hal ini penting untuk memudahkan dan menumbuhkan motivasi tersendiri ketika menjalani proses perkuliahan. Bila kuliah sesuai dengan minat, bakat, hobi atau kesenangan maka dalam menjalaninya terasa lebih mudah dan menyenangkan. Sebaliknya bila menjalani perkuliahan yang tidak sesuai dengan minat atau hobi misalnya karena mengikuti kemauan orang tua atau ikut-ikutan teman, maka dalam menjalaninya terasa menjadi sebuah beban yang berat. Akhirnya akan berdampak pada masa penyelesaian studi.

b.Pilih Program Studi yang Prospek

Untuk memilih program studi, lihat prospek program tersebut dimasa mendatang. Hal ini dapat diukur dari indikator tingkat lulusan. Program studi dengan tingkat lulusan (alumni) yang sudah banyak akan membuat persaingan semakin ketat (terutama untuk mahasiswa yang berorientasi mencari kerja). Pilih program studi yang tingkat lulusannya masih sedikit/jarang. Indikator kedua untuk memilih program studi adalah peluang pekerjaan. Pilih program studi yang memiliki prospek atau peluang pekerjaan kedepan yang baik. Ini dapat dilihat dari perkembangan era jaman. Misalnya trend saat ini adala teknologi informasi dan komunikasi, maka peluang pekerjaan di bidang tersebut masih terbuka luas. Contoh lain misalnya bidang kesehatan, prospeknya baik karena hampir semua orang akan merasakan sakit.

c.Status Akreditasi Perguruan Tinggi

Salah satu faktor penilaian Perguruan Tinggi adalah akreditasi. Perguruan Tinggi atau Program Studi yang sudah terakreditasi sudah menjalani uji standarisasi yang dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BANPT), seperti halnya perusahaan yang sudah memiliki ISO. Untuk mengetahui profil perguran tinggi dan program studi secara lengkap dapat di cek di website www.evaluasi.or.id.

d.Faktor Biaya

Ketahui secara pasti besaran biaya yang harus dibayar selama menempuh studi. Biasanya komponen biaya terdiri dari pendaftaran, registrasi, SKS, biaya Ujian dll ada juga beberapa Perguruan Tinggi yang menggunakan sistem biaya paket per semester termasuk biaya SKS dan ujian. Perlu dipertimbangkan juga tentang biaya pendukung seperti fotocopy, membeli buku referensi, kos dll.

e.Fasilitas Kampus

Fasilitas kampus perlu dipertimbangkan untuk kemudahan dan kenyamanan selama menjalani masa studi. Seperti fasilitas tempat praktek atau laboratorium yang memadai, kelengkapan buku di perpustakaan, dukungan kegiatan kemahasiswaan, fasilitas olahraga dan kesenian, fasilitas beasiswa, kemudahan birokrasi dalam pengurusan administrasi, lingkungan yang kondusif untuk dunia pendidikan, akses transportasi, tempat parkir, fasilitas pelengkap lain seperti wifi dll. Termasuk dosen-dosen yang mengajar dan kurikulum.

Informasi seputar perguran tinggi yang akan Anda pilih dapat ditanyakan langsung kepada petugas pendaftaran pada saat mengambil formulir, melalui teman yang kuliah di tempat itu maupun lewat alumninya. Beberapa pertimbangan tersebut, semoga dapat menjadi pertimbangan dalam menentukan pemilihan perguruan tinggi/program studi. Semoga bermanfaat. (Wawan Kusdiawan)/RED.