Peta Desa 
CiparagejayaCiparagejaya diambil dari bahasa sunda dari kata Ci artinya Cai, Ngeprag artinya Mengalir dan Jaya artinya Kemenangan. Jadi Ciparagejaya adalah sebuah desa yang dialiri air baik air laut yang memang Desa Ciparagejaya terletak diujung pantai utara kota karawang atau air mata, karena pada masa itu adalah masa penjajahan sehingga banyak pejuang-pejuang Indonesia khususnya penduduk setempat yang gugur dalam pertempuran melawan penjajah Belanda, Jepang atau pemberontak G30SPKI. Pada saat itu penduduk setempat bangkit dan maju bersatu untuk mengusir penjajah dari bumi pertiwi ini sehingga mencapai kemenangan atau kejayaan.

Sebelum Desa Ciparagejaya menjadi sebuah desa, Ciparagejaya termasuk bagian dari Desa Sumurgede Kesamatan Cilamaya Kulon. Ciparagejaya hanya sebagai dusun atau kampung yang dipimpin oleh seorang yang disebut kepala kampung. Karena dari tahun ketahun penduduk kampung Ciparagejaya semakin bertambah dan mata pencaharian penduduknya meningkat maka kampung Ciparagejaya memisahkan diri (pemekaran), kira-kira pada tahun 1970an dan dipimpin oleh seorang kuwu atau disebut Kepala desa. Sejak itu Desa Ciparagejaya sering berganti kepemimpinan dikarenakan situasi dan kondisi Desa Ciparagejaya masih labil dan Kepala desanya masih PjS (Pejabat Sementara) yang dipilih oleh sebagian tokoh masyarakat setempat dengan jalan ditunjuk dan diberi mandat oleh pihak Pemda Kabupaten.

Setelah keadaan stabil kira-kira tahun 1980an maka dilaksanakan pemilihan Kepala desa yang dipilh langsung oleh masyarakat setempat. Kepala desa pertama desa Ciparagejaya bernama R. SAROJI menjabat 2 periode, selanjutnya ADE SYAMSUDIN, R. SUTARNO dan H. IKIN SODIKIN menjabat sampai dengan sekarang.


Desa Ciparagejaya terletak diujung utara kota Karawang (Pantura), Kecamatan Tempuran Kabupaten Karawang Propinsi Jawa Barat dengan luas wilayah : 325 Ha. Yang berbatasan dengan :








- Sebelah Utara : Laut Jawa
- Sebelah Timur : Desa Pasirjaya Kecamatan Tempuran
- Sebelah Selatan : Desa Tempuran Kecamatan Tempuran
- Sebelah Barat : Desa Tempuran & Cikuntul Kec. Tempuran



Pembagian desa Ciparagejaya terdiri dari lima (5) dusun dan masing-masing dikepala dusun, pembagiannya sebagai berikut :

- Dusun Muara 01
- Dusun Muara 02
- Dusun Pulomulya
- Dusun Mangunkarya
- Dusun Cibanjar

Adapun sususnan pemerintahan desa Ciparagejaya sebagai berikut :

Kepala Desa : H. IKIN SODIKIN

Sekretaris Desa : TARYANA N.S
Kaur Pemerintahan : FUAD HASYIM SPd.I
Kaur Kesra : BAKHRUDIN
Kaur Ekbang : ASEP SAEPUDIN
Kaur Trantib : NANANG USMAN G.
Kaur Keuangan : OPI. WIDIYANTO

Kepala Dusun Muara 01 : UDAMA
Kepala Dusun Muara 02 : SUHARNO
Kepala Dusun Pulomulya : DARMAN
Kepala Dusun Mangunkarya : DEDI MUHTADI
Kepala Dusun Cibanjar : CASWAN



Desa Ciparagejaya dengan luas wilayah 325Ha. dengan data jumlah penduduk jiwa usik pada tahun 2009 sebagai berikut :

Laki - laki = 2.464 jiwa
Perempuan = 2.585 jiwa
Jumlah = 5049 jiwa

Mayoritas penduduk Desa ciparagejaya bermata pencaharian Nelayan -+ 70 %, 20 % pedagang, sisanya 10% petani tambak dan pegawai buruh.

Dari sektor pendidikan -+ 60 % tidak tamat tingkat Sekolah Dasar (SD) atau Drop out, 30% tamat tingkat Sekolah Dasar (SD), dan sisanya 10% tamat tingkat SLTP sampai dengan perguruan tinggi.

Program Keluarga berencana

- Pasangan Usia Subur (PUS) : 1.157 orang
- IUD : 8 orang
- MOW : 18 orang
- MOP : 9 orang
- PIL : 325 orang



Penduduk yang bekerja keluar negeri (TKI) berjumlah 08% dari total jumlah penduduk Desa Ciparagejaya.
Mayoritas masyarakat desa Ciparagejaya bermata pencaharian adalah nelayan, masyarakat yang memiliki perahu sendiri disebutnya juragan, juragan diwajibkan menjadi anggota Koperasi Nelayan, nama koperasi tersebut adalah Tempat Pelelangan Ikan Mina Singaperbangsa disingkat TPI Mina Singaperbangsa, berlokasi didusun muara 02. Aktifitasnya yakni melelang ikan dari hasil tangkapan Nelayan. Disamping nelayan sebagian masyarakatnya sebagai pengolah ikan basah, ikan asin, membuat terasi dll.

Adapun sarana-sarana perekonomian masyarakat desa Ciparagaejaya antara lain :

- Toko = 18 buah
- Kios = 2 buah
- Warung = 41 buah
- Koperasi Simpan Pinjam = 2 buah
- TPI ( Tempat Pelelangan Ikan ) = 1 buah
- Pasar Malam = 1 buah
- Pengolah Ikan Basah = 5 buah
- Pengolah Ikan asin = 8 buah
- Tempat Pembuat Terasi = 3 buah
- Outlet = 5 buah
- Bengkel = 4 buah

Dilihat dari sektor perekonomian aktifitas Penduduk desa Ciparagejaya sangat sibuk karena roda perekonomian penduduk setempat sehari - harinya mobilitas sekali./Tegar Almsyah