Katanya PKL Pasar Cikampek Mengaku Siap Direlokasi?? - PELITA KARAWANG

Breaking

Post Top Ad

Minggu, 16 Juli 2017

Katanya PKL Pasar Cikampek Mengaku Siap Direlokasi??

KARAWANG-. Ratusan Pedagang Kaki Lima (PKL) di sekitar pasar Cikampek mengaku siap untuk direlokasi ke beberapa kios yang sudah disediakan oleh PT. Selindo. Pasalnya, keberadaan PKL ini sering membuat kemacetan di sekitar badan jalan pasar Cikampek.

Melalui mediasi yang digelar di kantor Kecamatan Cikampek, Sabtu (15/7), Sekretaris Satpol PP, Rakhmat Gunadi mengatakan, setelah adanya kesepakatan untuk relokasi para PKL ini, pihaknya akan langsung berkoordinasi dengan beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, termasuk melaporkan hasil kesepakatannya kepada Bupati Karawang.

Dikatakan Gunadi, ia sendiri memiliki harapan agar sebelum Agustus 2017 persoalan relokasi para PKL ini sudah selesai. Sehingga sebelum Muspida dan Satpol PP melakukan pengecekan ke lapangan, para PKL sudah tertib dengan sendirinya.

“Saya mau sebelum Muspida dan Satpol PP ngecek ke lokasi, semuanya sudah rapi. Jadi tanpa Satpol PP melakukan penertiban pun, para pedagang sudah pindah sendiri. Dan saya berharap sebelum Agustus persoalan ini sudah selesai,” tutur Gunadi, yang didampingi Camat Cikampek.

Dewan Penasehat Paguyuban PKL Cikampek, Mulya menambahkan, rencananya senin (17/7) pihaknya sudah melakukan pendataan kembali mengenai jumlah real para PKL. Karena jumlah real para PKL ini harus segera diketahui oleh PT. Selindo untuk kepentingan relokasi.

“Senin besok kita akan melakukan pendataan ulang. Setelah itu kami akan minta arahannya kepada Satpol PP dan camat mengenai langkah apalagi yang harus kami lakukan. Dan pertemuan ini akan menjadi dasar bagi paguyuban untuk mengirimkan surat atau selembaran kepada para pedagang mengenai adanya rencana relokasi ini,” katanya.

Sementara itu, Humas PT. Selindo, Taufik Hanafiah menambahkan, pihaknya siap memfasilitasi pemindahan para pedagang ini. Bahkan PT. Selindo juga siap menyediakan lahan parkir yang nanti akan dikelola oleh paguyuban.

“Kebetulan saya juga orang asli Cikampek. Jadi saya juga menginginkan agar keberadaan PT. Selindo ini tidak hanya sebatas mengurusi bisnis yang menguntungkan perusahaan. Melainkan juga bisa bermanfaat untuk orang Cikampek. PT. Selindo siap menyediakan kios untuk relokasi pedagang. Saat ini ada sekitar 130 kios lebih yang belum ditempati. Dan PT. Selindo juga akan menyediakan lahan parkir,” timpal Taufik.

Camat Cikampek, Syueb H. Sulaiman menambahkan, pada dasarnya pihak kecamatan hanya sekedar memfasilitasi atas persoalan keberadaan para PKL di sekitar Pasar Cikampek ini. Karena beberapa pihak mengaku sudah bersepakat untuk adanya rencana relokasi, akhirnya pihak kecamatan mencoba memediasi.

“Pihak kecamatan sih hanya memediasi saja. Persoalan solusi atas permasalahannya seperti apa, semuanya kan dikembalikan ke hasil musyawarah hari ini. Tapi alhamdulillah, setelah pertemuan ini akhirnya ada solusi juga. Mudah-mudahan solusi relokasi ini secepatnya bisa dilaksanakan,” tandasnya.#oca 
Posting Komentar