Karawang. - Sebanyak 60 Kader Eco Village bentukan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Barat,  belajar tanam tanaman buah endemik Karawang,  Kawista di Dusun Pasirpogor Desa Talagasari Selasa 19/12. Selain menambah wawasan budidaya tanaman,  para Kader dari 7 Kelurahan dan 3 Desa di tiga Kecamatan ini,  juga belajar olahan Kawista paska panen.

Fasilitator Kader Eco Village,  Runi Tri Martiana mengatakan,  Eco Village merupakan program provinsi untuk menciptakan kampung berbudaya lingkungan. Program ini audah ada sejak tahun 2014, dan baru ditahun ini masuk di Karawang. Banyak program dan kegiatan untuk memenuhi dua unsur utamanya,  yaitu penghijauan dan pengelolaan sampah secara mandiri.  Kebetulan,  Selasa ini 20/10, dirinya beraama 60 kader Eco Village ini,  kerjasama dengan penyelia tanaman Kawista untuk mengembangkan tanaman endemik khas Karawang sebagai ikon utama.

Disamping bisa mengubah prilaku masyarakat dalam mencintai lingkungan. " Tugas kita ada dua di program,  yaitu penghijauan dan pengelolaan sampah,  kita coba budidaya kawista ini ingin dikembangkan," Katanya.


Lebih jauh Runi menambahkan, menjadikan kawista sebagai Ikon karawang dalam pengembangan tanam dan paska panen ini,  diakuinya,  mendapat support dari Dinas LH Provinsi Jawa Barat. masing-masing kades dari Karawang Timur, Karawang Barat dan Cibuaya ini digembleng Budidaya pengolahan paska panen, bagaimana cara budidaya kawista dan olahannya seperti Jus,  Dodol,  Selai,  hingga ragam olahan lainnya. Oleh karena itu,  para Kader eco Village ini kunjungi langsung penyelia tanaman Kawista, Pak Wawan Syarief di Telagasari ini. Sebab, pihaknya tidak akan putus di pelatihan saja,  akan ada tindak lanjut pengembangannya lebih luas." Kita tidak terhenti di pelatihan saja,  akan ada tindaklanjutnya lagi lebih luas, " Katanya.


Sementara itu,  Penyelia tanaman Kawsita,  Wawan Syarif mengapresiasi pihak kader Eco Village ikut andil bagian memahami wawasan budidaya tanamam kawista dan pengolahannya paska panen.  Disadari atau tidak,  Kawista ini adalah buah endemik khas Karawang yang jarang ditemui di Kabupaten/kota lainnya. Upayanya bersama Eco Village,  sangat di dukung untuk menjadikan Kawista ini jadi Ikon Karawang.  Bahkan,  hasil olahannya juga sudah dibawa dan dipasarkan ke Sumatera." Kawista memang layak jadi Ikon Karawang,  kita dorong bersama para Kader Eco Village ini, " Pungkasnya.