Berikut adalah Penyebab Mata Kita Cepat Lelah dan Solusinya


PELITAKARAWANG.COM-.Banyak orang mungkin tidak menyadari kalau beberapa aktivitas yang mereka lakukan bisa merugikan diri sendiri, salah satunya terhadap mata.Mungkin mereka tidak menyadari bahwa yang dilakukannya dapat merusak mata. Misal saat berlama-lama di depan layar monitor seperti komputer, laptop, notebook,dan sebagainya sehingga membuat matanya merasa mudah lelah dan seterusnya,(03/10/2018).

Jika hal tersebut dibiasakan dan tidak biasa diatasi, maka hal ini akan menjadi memicu rusaknya mata.Lalu untuk mengatasinya salah satunya dengan mengurangi intensitas cahaya dari monitor yang dilihat sehingga tidak begitu terang dan tidak mudah merusak mata.

Akibat paparan sinar UV yang mengenai mata,sinar UV yang mengenai sinar mata secara langsung pada mata kontak akan membuat mata  terasa sakit,dan hal ini yang menjadi penyebab rusaknya maka ketika mata melihat sinar matahari yang begitu cerahnya.Jadi,untuk melihat matahari yang begitu terik secara langsung maka pergunakanlah pelapis khusus seperti kacamata atau alat bantu lainnya.

Aisah Rama Dian
Manakala menonton TV yang terlalu lama dengan jarak yang terlalu dekat, TV juga memiliki beragam macam warna mulai dari yang soft hingga yang mencolok,dan hal ini sangat bisa membuat mata sangat mudah lelah terlebih ketika melihat dalam jarak yang dekat.Termasuk  ketika membaca buku maka sebaiknya hindari dengan posisi tidur.Karena hal ini pun dapat memicu rusaknya mata.


Masih banyak lagi hal lainnya yang dapat merusak mata, maka dari itu seharusnya secara baik dan benar menjaga dan merawat mata.

Jika diantara kita sudah memiliki mata yang rusak dapat mengatasinya yakni salah satu dengan mengubah beberapa kebiasaan buruk (tidak merawat mata,red),dan berikut adalah tips agar mata kita tidak cepat rusak,yaitu:

1.Atur kecerahan saat melihat monitpr komputer atau TV,

2.Posisi duduk yang benar saat bekerja dengan melihat      monitor,

3. Istrahat secara berkala,

4. Minum air putih,

5. Gunakan kacamata untuk tidak terkena radiasi.

Karya: Aisah Rama Dian.
Mahasiswa STIKES Jendaral Achmad Yani Cimahi.
Posting Komentar