Jadwal Akreditasi 60 Madrasah Tsanawiyah di Karawang Belum Jelas

PELITAKARAWANG.COM - Rencana Akreditasi Madrasah Tsanawiyah (Mts) Negeri dan Swasta tahun ini belum jelas kapan jadwalnya. Tidak hanya itu, kuota berapa Mts yang akan di garap asesor akreditasi 4 tahunan tersebut juga belum diterima informasinya oleh internal Kelompok Kerja Madrasah (KKM).

Kata Ketua KKM Karawang, Dra Hj Halimah MM, sampai sekarang, pihakmua belum menerima informasi kaitan kuota dari semua Madrasah yang akan akreditasi tahun ini,  karena memang sejumlah persiapan yang dilakukan  dibeberapa Mts hanya  simulasi saja untuk akreditasi.  KKM sebutnya, memang banjir pertanyaan kaitan jadwal dan kuota Mts yang akan digarap asesor tahun ini. Namun, informasi yang disampaikan Kasie dan Kabid di Kementrian Agama (Kemenag), juga masih menunggu berapa kuota dan jadwalnya, tentu sebut Halimah, Asesor nantinya akan datang untuk garap akreditasi bagi Mts yang habis masa waktu akreditasinya dan atau bagi madrasah yang sama sekali belum akreditasi, bahkan ini yang diutamakan," Belum ada info kaitan jadwal dan kuotanya, yang jelas simulasi mah sudah siap utamanya yang masa akreditasinya habis atau yang belum sama sekali akreditasi," Katanya Kepada Radar Karawang.

Kepala MtsN 1 Karawang ini menambahkan, bagi madrasah ada 169 item dari 8 indikator atau standar akreditasi ini sudah di persiapkan di masing-masing madrasah. Silahkan saja mempersiapkan segala sesuatunya, karena intruksi Kabid dan Kasie, Madrasah harus cepat mempersiapkannya, agar jika sewaktu-waktu asesor dari Badan Akreditasi Nasional (BAN) meluncurkan kuota untuk KKM Karawang, semuanya sudah siap. Khususnya yang sama sekali belum akreditasi yaitu ada empat Madrasah, ia merinci seperti Mts Irsyadul Falah Jatisari, Mts Yiska Cilamaya, Mts Nurul Falah Al-Huda Purwasari, Mts NU Al Ma'arif Cengkong dan Mts Hamlatul Quran Telagasari. " Khusus yang belum akreditasi sekalipun yaitu 5 lembaga, ini utama ya yang harus segera siap-siap penuhi 169 item akreditasi, sehingga akalau sewaktu-waktu turun asesor, kita sudah ready," Ungkapnya.

Lebih jauh ia berharap, belum jelasnya jadwal dan kuota akreditasi ini bukan lantaran ketidaksiapan sejumlah Mts, atau juga terbentur anggaran, tetapi murni karena belum ada informasi lanjutan kaitan jadwal dan kuota saja. Ia hanya berharap, anggaran untuk akreditasi dari pemerintah khususnya bagi yang belum sama sekali akreditasi ini bisa dipertimbangkan, sehingga perjalanan akreditasi bisa lancar dan di cover maksimum oleh pemerintah. " Kita berharap bisa meluncurkan anggaran bagi sekolah yang belum akreditasi," Katanya.
Posting Komentar