PELITAKARAWANG.COM - Badan Kepegawaian Negara (BKN) meminta instansi pusat dan daerah untuk segera mengajukan usulan penetapan nomor induk pegawai (NIP) CPNS 2018. Kedeputian Bidang Mutasi Kepegawaian BKN memberikan deadline paling lambat 28 Februari 2019.

"Secepatnya diusulkan agar BKN bisa bekerja cepat juga," kata Karo Humas BKN Mohammad Ridwan dalam keterangan resminya, Rabu (19/12).

Dia menjelaskan, proses menuju penetapan NIP baru akan dilakukan setelah berkas usul penetapan NIP diterima lengkap BKN. Ketepatan waktu instansi menyampaikan usul penetapan NIP CPNS 2018 akan turut menentukan waktu Terhitung Mulai Tanggal (TMT) pengangkatan CPNS 2018 yang juga merupakan tanggal dimulainya masa bekerja di birokrasi.

Saat ini tahapan rekrutmen CPNS 2018 sedang memasuki tahap rekonsiliasi data hasil integrasi nilai Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Rekonsiliasi data hasil integrasi nilai SKD dan SKB berlangsung mulai Rabu (19/12) hingga Jumat (21/12), di Kantor Pusat BKN dengan mengundang perwakilan dari 476 instansi daerah dan 75 instansi pusat yang telah selesai menggelar SKB.

"Kegiatan rekonsiliasi bertujuan mencocokkan data yang ada di BKN dengan data yang dimiliki oleh masing-masing instansi" terangnya.

Langkah rekonsiliasi data SKD dan SKB akan dilanjutkan dengan pengumuman pelamar yang lulus seleksi secara keseluruhan, pemberkasan, pengajuan usul penetapan CPNS dari instansi pembuka rekrutmen dan penetapan NIP CPNS oleh BKN.

Sebelumnya dikabarkan yakni sudah ada gambaran siapa yang lolos dan tidak lolos dalam penerimaan CPNS. 


BKPSDM Karawang menyatakan, 5.336 peserta berhasil masuk SKB 709 peserta dan sudah pula tergambar siapa bakal masuk menjadi CPNS pemkab setempat.Namun, itu hasil sementara.

Badan kepegawaian daerah (BKD) belum mengunggah hasil tersebut ke website resmi. Sebab, hasil itu masih berupa simulasi. Pengumuman final akan dilakukan langsung oleh BKN (Badan Kepegawaian Negara).

''Mereka (BKN, Red) juga yang menghitung hasil akhirnya,'' ujar petugas BKPSDM Karawang.

Dia sebutkan pula belum bisa memastikan kapan hasil final ujian CPNS diumumkan. Yang jelas, BKPSDM Karawang segera mengirim hasil simulasi tersebut ke pusat.

''Kalau tidak ada halangan, mungkin pekan depan sudah bisa diumumkan,'' tutur pejabat tersebut.