PELITAKARAWANG.COM - Kementerian Pendayagunaan Negara dan Reformasi Birokrasi atau PAN-RB memastikan akan tersedia kembali lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS di 2019. Jumlah kebutuhan rencana CPNS sebesar 85.536 orang.

Deputi Bidang SDM Aparatur KemenPAN-RB, Setiawan Wangsaatmaja menjelaskan, meskipun begitu jumlah kebutuhan untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) saat ini, tidak hanya melalui proses pemilihan CPNS. Namun, juga melalui pemilihan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Berapa jumlah kebutuhan PPPK di 2019, adalah 168.637 orang. Karenanya, total kebutuhan ASN pada 2019, kata Setiawan, akan berjumlah 254.173 orang, di mana 51.293 orang telah direkrut setelah berhasil melalui proses pemilihan PPPK di triwulan I 2019.

"Kurang total formasi saat ini untuk 2019, termasuk yang sudah selesai direkrut dari PPPK di triwulan I, ada 254 ribu lebih banyak orang," katanya di Gedung Kementerian Komunikasi dan Informatika, Selasa 12 Maret 2019.

Demi kebutuhan prioritas pada tahun ini, lanjut dia, prioritas untuk sektor pendidikan dan kesehatan. Sebab, pensiunan ASN di 2019 yang diterima sebanyak 157,386 orang, masih disetujui oleh pensiunan dari kedua sektor tersebut.

"Kami mengutamakan dua tenaga, yaitu pendidikan dan kesehatan. Itu pertahunnya bisa 100 ribu paling tinggi di antara yang lain," papar dia.

Kendati demikian, Setiawan memutuskan, perekrutan ASNundang tidak lagi akan merekrut untuk jabatan-administrasi admininsitratif yang saat ini disetujui sudah mencapai 38 persen dari total keseluruhan ASN.

"Kita tidak akan lagi mengadakan jabatan-jabatan tertentu seperti adminsitratif, tetapi kita akan merekrut yang basisnya terkomputerisasi . Itu strategi yang sudah kita luncurkan sejak 2014," ungkap dia. #viva