Sabtu, Juni 01, 2019

Ini Fakta Keuangan Desa di Karawang,Munggahan ADD Tahap 1 dan Lebaran ADD Tahap 2

 

PELITAKARAWANG.COM - Para Kades dan perangkat desa yang aktif dalam pengajuan dan Surat Pertanggungjawaban (SPJ) Alokasi Dana Desa (ADD), nampaknya cukup sumringah selama Ramadhan.Pasalnya, ADD tahap 1 yang cair jelang Munggahan, juga lancar cair tahap 2 di hari-hari terakhir masa kerja jelang Idul Fitri, Jumat 1/6 kemarin.

Kasie Tata Kelok Pemerintahan Desa DPMPD Karawang, Andry Irawan mengatakan, ADD yang bersumber dari APBD Kabupaten, tahun ini cair non fisik tiga bulan sekali. Bagi desa yang sudah mencairkan tahap 1 dan cair sejak Maret April, sudah mengajukan kembali lebih cepat dan SPJ beres, maka tahap 2 bisa langsung cair pekan terkahir sebelum libur lebaran Jumat kemarin. Ada puluhan desa yang sudah mencairkan tahap 2, diharapkan bisa memberi kesejahteraan kepada para perangkat dan juga BPD. "Gak ada dana ditahan, selama semuanya beres ajuan dan SPJ, mau lebaran kemarin juga sudah banyak tahap 2 yang cair, " katanya. 

Setelah Lebaran, sambungnya, ADD di rencanakan memang mau beralih dari tabungan rekening ke Giro atau chek untuk menghindari penguasaan rekening desa oleh pihak ke 3, namun masih dalam batas kajian dan perencanaan, nanti hasilnya bagaimana akan di simpulkan. "Itu nanti di diskusikan dulu, baru kajian bersama negatif dan positifnya, " pungkasnya. (Rdi).

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

KABAR KRIMINAL

BERITA TERBARU

Back to Top