KARAWANG,PELITA ON LINE-.

Monday, 26 April 2010

Bupati Dadang S. Muchtar dalam kesempatan tersebut menyatakan kekagumannya terhadap korps Linmas Kabupaten Karawang. Hal ini karena meskipun hanya digaji ala kadarnya, namun mereka tetap semangat dan penuh dedikasi dalam menjalan tugas dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. ”Serta terdepan dalam upaya penanggulangan bencana di wilayahnya masing-masing,” ujarnya.

Lebih lanjut Bupati mengatakan, Linmas dapat dikatakan sebagai pekerja sosial, dimana kebijakan kesejahteraan dan gaji anggota Linmas sangat tergantung pada kebijakan Pemerintah Desa. Sebagian besar anggota Linmas hanya diberikan gaji sebesar Rp. 100.000, namun mereka tetap semangat menjalankan tugas, termasuk mengikuti acara peringatan HUT Linmas yang berlangsung sejak kemarin malam. ”Ini tentu merupakan bentuk pengorbanan yang luar biasa,” lanjutnya.

Bupati melanjutkan, tantangan yang dihadapi dalam upaya menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat akan semakin berat. Terlebih kondisi masyarakat saat ini yang sangat dinamis, kompleks dan penuh kerawanan sosial. ”Untuk itu, Linmas diharapkan dapat menjalin kerjasama yang baik dengan aparat keamanan lainnya untuk mengendalikan masyarakat,” pesannya.

Tragedi Tanjung Priok beberapa waktu lalu, serta kerusuhan dan sikap anarkis dalam pertandingan sepakbola di Stadion Singaperbangsa kemarin merupakan salah satu wujud sulitanya mengendalikan masyarakat. ”Oleh karena itu, dalam menyikapi situasi tersebut, diperlukan adanya sikap persuasif, edukatif dan profesional serta koordinasi antara aparat keamanan terkait,” tambahnya.

Sementara itu, terkait Hari Otonomi Daerah dan Hari Kesadaran Nasional, Bupati Dadang S. Muchtar berharap dengan dilaksanakan peringatan ini, dapat semakin meningkatkan motivasi para aparatur pemerintah untuk terlus memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. ”Aparatur pemerintah harus dapat merubah mental dan pola pikir mereka bahwa mereka bukanlah raja yang harus dilayani, melainkan abdi negara yang harus melayani masyarakat,” imbuhnya.

Di sisi lain, momentum peringatan tersebut juga dimanfaatkan oleh Pemerintah Kabupaten Karawang untuk menyerahkan penghargaan kepada perusahaan-perusahaan dan organisasi masyarakat (ormas) yang telah bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Karawang dalam menanggulangi bencana banjir beberapa waktu lalu. Penghargaan tersebut diserahkan secara simbolis kepada perwakilan sejumlah perusahaan dan ormas yaitu Perum Peruri, PT. HM. Sampoerna Tbk., PT. Bridgestone Tire Indonesia, Citra Bhayangkara, dan Wanadri./DI KUTIP DARI PEMKAB KARAWANG".