Breaking News
---

GUBERNUR JAMBI SAMBUT BAIK PENYELENGGARAAN JAMBORE DAERAH

PELITA KARAWANG ON LINE-.Gubernur Jambi Drs. H. Hasan Basri Agus, MM selaku Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Kamabida) Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Jambi, menyambut baikdiselenggarakannya Jambore Daerah (Jamda) Jambi yang akan berakhir Rabu, 5 Januari 2011.

Saya menilai kegiatan Jambore ini, memiliki makna dan arti yang cukup penting bagi perkembangan generasi muda di Provinsi Jambi,dalam upaya membina generasi muda yang tangguh dan memiliki semangat kebersamaan, cinta sesama dan cinta tanah air, ungkap Gubernur saat membuka penyelenggaraan Jambore Daerah Jambi 2010,Jumat (31/12), di Bumi Perkemahan Sungai Gelam Jambi.

Menurutnya, kegiatan Jamda merupakan sarana belajar bagi anggotapramuka dari setiap Kwartir Cabang di Provinsi Jambi untukdigembleng dengan berbagai pengetahuan kepramukaan, disampingsebagai momen yang sangat efektif dalam upaya menjalin talisilaturrahim dan bertukar pengalaman bagi anggota Pramuka yangmengikutinya.
Gubernur juga berharap, agar kegiatan jambore ini tidak hanya dijadikan sebagai kegiatan rutinitas saja, namun dijadikan barometer untuk mengukur tingkat kemampuan dan ketrampilan anggotaPramuka Penggalang dari seluruh Kwatir Cabang di Provinsi Jambi.Sehingga kegiatan jambore di masa yang akan datang dapat dilaksanakan secara lebih terarah, ujarnya. 

Disamping itu menurut gubernur, seiring dengan perkembangan jaman, maka Jambore sebagai salah satu kegiatan pembinaan GerakanPramuka, memerlukan penyesuaian dan penyempurnaan dengan cara-cara yang lebih inovatif. Dengan demikian kegiatan Jambore akan dapatmeningkatkan kesadaran anggota Gerakan Pramuka dalam membangunkarakter remaja dan pemuda yang tangguh dan kuat, yang memiliki rasa cinta bangsa, cinta tanah air, serta mempunyai ketrampilan fisik untuk mengatasi berbagai tantangan.

Hal ini ujar gubernur, sangat erat kaitannya dengan tujuan Gerakan Pramuka, yakni untuk membentuk setiap anggota Pramuka agar memiliki kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia,berjiwa patriot, taat hukum dan disipilin, serta menjujung tingginilai-nilai luhur bangsa.

Keberadaan anggota Pramuka, kata dia, harus mampu mendorong,memberi contoh, serta mengajak generasi muda lainnya untuk terus berkarya dan berprestasi, sekaligus mencegah dari kehidupan yang dapat menghancurkan masa depan generasi muda.

Gerakan Pramuka selaku penyelenggara pendidikan Kepramukaan,mempunyai peran yang sangat besar dalam pembentukan kepribadian generasi muda. Untuk itu gubernur menghimbau kepada semua bupati dan walikota se-Provinsi Jambi untuk dapat membantu pendanaan kegiatan ke Pramukaan di daerahnya masing-masing.
Himbauan ini sesuai dengan amanat Undang-undang nomor 12 tahun2010, tentang Gerakan Pramuka, dimana pada pasal 10 ayat (2),menyatakan bahwa Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah dapat memberikan dukungan dana dari anggaran pendapatan dan belanjaNegara (APBN) atau anggaran pendapatan dan belanja daerahnya(APBD), baik dalam bentuk uang maupun barang, jelas gubernur. 

Gubernur juga menyampaikan apresiasinya kepada para pengurus Kwartir daerah Gerakan Pramuka Jambi, yang telah berupaya mencar isumber pendapatan yang syah, untuk membiayai semua kegiatan ke-Pramukaan, melalui usaha perkebunan sawit. (MC Jambi/rm/depkominfo).
Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan