Image
BANDUNG PELITAKARAWANG.COM-. Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengimbau para pegawai negeri sipil (PNS) Pemprov Jabar menggunakan produk sepatu dalam negeri atau lokal di setiap hari kerja. Rencananya gubernur bakal membuat surat edaran yang akan dikirimkan ke seluruh satuan organisasi perangkat daerah (SOPD).
 
Menurutnya, langkah ini diambil agar menghadirkan keberpihakan terhadap produk dalam negeri. ”Khusus untuk PNS Pemprov Jabar wajib,namun untuk pemkab dan pemkot sifatnya imbauan.Kita akan segera buatkan edarannya,”ujar Heryawan usai Pencanangan Penggunaan Produk Sepatu Buatan Indonesia Tingkat Provinsi Jabar di halaman parkir barat Gedung Sate,Kota Bandung,kemarin. Menurut dia, kebijakan ini merupakan tindaklanjut dari Instruksi Presiden No 2/2009 tentang Penggunaan Produk Dalam Negeri serta Surat Menteri Perdagangan No 456/MDAG/ SD/3/2011 tertanggal 23 Maret 2011 perihal Program Aku Cinta Indonesia.

Sebelumnya gubernur juga mewajibkan menggunakan pakaian batik untuk setiap hari Kamis dan Jumat bagi PNS Pemprov Jabar. Berdasarkan data Dinas Industri dan Perdagangan (Indag) Jabar,sentra industri sepatu di Jabar cukup banyak dan tersebar di beberapa daerah selain Cibaduyut yang sudah terkenal.

Khusus di Cibaduyut terdapat 460 unit usaha sepatu dengan kapasitas 4 juta pasang sepatu per tahun.Daya serap tenaga kerjanya mencapai 3.556 orang dengan nilai investasi mencapai Rp2,3 miliar. SUMBER BERITA