Breaking News
---

5 Daerah yang Akan Kembangkan Sekolah Berbasis IT

JAKARTA -PELITA KARAWANG.- Dirjen Pendidikan Menengah Kemdikbud Achmad Jazidie mengatakan, pada tahun ajaran depan 2014/ 2015 akan dikembangkan sekolah menengah atas (SMA) berbasis IT. Sekolah tersebut akan dibangun di  Jambi, Kalimatan Selatan, Malang, NTB, dan Jawa Barat.
Pemilihan kelima daerah tersebut untuk dikembangkan menjadi sekolah berbasis IT, ujar Achmad, karena daerah tersebut memiliki angka partisipasi kasar (APK) yang rendah untuk sekolah menengah.
"Jadi APK daerah yang dipilih tersebut di bawah 70 persen atau di bawah angka rata-rata APK nasional," katanya, Selasa, (4/3).

Selain itu, ujar Achmad, kelima daerah tersebut saat diusulkan untuk dibangun sekolah berbasis IT mendapatkan dukungan dari Dinas Pendidikan Provinsi. Selain itu juga didukung oleh pemerintah daerah setempat.
Nanti, terang Achmad, dalam mengembangkan sekolah berbasis IT akan mempertimbangkan tiga model pembelajaran yakni pembelajaran dominan online, dominan tatap muka, atau antara pembelajaran secara online dan tatap muka jumlahnya seimbang atau 50:50.

"Saat ini, belum ditentukan mana model yang akan dipakai. Tergantung nanti kondisinya di lapangan seperti apa," kata Achmad.

Untuk daerah yang IT-nya sudah maju, ujar Achmad, nanti bisa saja yang dominan pembelajarannya secara online. Jadi bahan-bahan materi pelajaran dimasukkan ke dalam website, nanti para muridnya bisa mendapatkan bahan pelajaran dengan mendownload materi pelajaran yang diajarkan.

Nanti di masing-masing daerah yang ditunjuk sebagai pilot project sekolah berbasis IT, kata Achmad, rencananya setiap daerah akan dibangun satu sekolah berbasis IT.

Kalau satu sekolah berbasis IT  yang ditunjuk sudah berhasil mengembangkan pendidikannya dengan baik, baru akan dilanjutkan pengembangan sekolah berbasis IT lainnya.

Intinya, kata Achmad, nanti ditunjuk satu sekolah yang menjadi center sekolah berbasis IT yang bisa dicontoh oleh sekolah lainnya. Fasilitas yang diperlukan antara lain guru yang mengajar harus melek IT, terdapat  internet dan teknologi penunjang lainnya. @ROL.

Redaksi 2014 Email : pelitakarawang@gmail.com
Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan