Breaking News
---

Ini Model Koalisi yang Ditawarkan PKS

JAKARTA -PELITAKARAWANG..- Belajar dari pengalaman selama  sepuluh tahun terakhir, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tak ingin koalisi yang akan dibangun dengan parpol-parpol lain nantinya dijadikan semacam ajang transaksional. Karena itu, partai berlambang bulan sabit kembar ini telah menegaskan kriteria mereka soal koalisi politik untuk lima tahun ke depan.

"Dalam setiap penjajakan dengan partai-partai lain, kami selalu menyampaikan gagasan bagaimana meletakkan fondasi koalisi yang kuat terlebih dahulu. Jadi bukan soal siapa capres atau cawapresnya. Karena kalau tidak kuat, kita bakalan rame di dalam seperti pengalaman sepuluh tahun belakangan," tutur  Ketua Bidang Humas PKS, Mardani Ali Sera, kepada wartawan di Jakarta, Ahad (27/4).

Ia menyatakan, setidaknya ada dua persyaratan yang ditawarkan PKS untuk membangun fondasi koalisi yang kuat. Yang pertama adalah harus ada kesamaan platform di antara sesama mitra koalisi. Selanjutnya, koalisi yang dibangun ke depan mesti mengutamakan efektivitas.

"Maksudnya, apa pun keputusan yang akan diambil dalam koalisi nanti harus dibahas dan digodok bersama-sama. Jangan seperti Setgab dulu yang hanya dijadikan sarana sosialisasi, bukan mendudukkan masalah bersama-sama," ujarnya.

Mardani mengungkapkan, sampai sejauh ini, beberapa parpol sudah melakukan pendekatan politik dengan partainya. Di antaranya adalah Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Golongan Karya (Golkar), dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura). Dari semua parpol tersebut, baru Gerindra yang serius menunjukkan minatnya untuk meminang PKS sebagai mitra koalisi.#rol.

 @Redaksi 2014 Email : pelitakarawang@gmail.com
Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan