Breaking News
---

Rendahnya Kesadaran Masyarakat Untuk Uji Kir Kendaran Bermotor

Karawang, PeKa, - Kesadaran pemilik kendaraan untuk melakukan uji kir terhadap kendaraannya dinilai sangat minim. Tak pelak, banyak kecelakaan yang terjadi belakangan ini yang kemungkinan akibat kondisi kendaraan maupun human error.

Hal itu diungkapkan, Komandan Regu (Danru) Uji Keliling dishub Kominfo, D. Hermansyah, ketika ditemui PeKa dilokasi uji keliling, di terminal lama Rengasdengklok, menurutnya, kesadaran warga untuk menguji kendaraannya sangat minim, terutama bagi warga yang berada di pedesaan. Salah satu alasannya, pemilik kendaraan masih menghitung biaya transportasinya.

Diakui, pihaknya sangat berharap kepada warga pemilik kendaraan agar menguji kendaraannya. Sehingga, kecelakaan yang diakibatkan kendaraan tidak layak beroperasi tidak kembali terjadi. ”Kecelakaan itu tidak bisa dihindari saat kendaraan tidak diuji kir,” terang Hermansyah, kepada PeKa.

Dikatakannya, tercatat sebanyak 68 unit kendaraan yang melakukan uji kir. Padahal, kata dia uji kir sendiri diwilayah rengasdengklok hanya di selenggarakan sebulan satu kali. "Pengujian emisi kendaraan menjaga lingkungan (emisi gas buang,red), meberitahukan kepada pemilik kerusakan yang harus diganti 6 bulan mendatang, dan yang terpenting menjaga keselamatan pengendara dan kendaraan," Jelasnya.

Sedangkan, jelas dia, jenis kendaraan yang harus di uji diantaranya, kendaraan penumpang umum (Angkot,red), elep, bus, mobil barang seperti mobil pick up, truk dan kreta gandeng dantempelan. "Sedangkan tarif sendiri saat ini ada perubahan disesaikan dengan peraturan daerah (Perda,red). Untuk yang kecil termasuk emisi gas buang (EGB) Rp80.000, sedangkan untuk yang besar termasuk EGB Rp90.000," jelasnya.

menurutnya, bagi kendaraan yang membandel tidak mau mengikuti uji kir, maka pengendara harus siap terima resiko mereka sendiri. "Kalau terkena rajia silahkan tanggung sendiri, karena kita menghimbau dan sosialisasi sudah sering. Namun kesadaran pemilik kendaraan yang membandel tidak mau uji kir," Tungkasnya.#Dd'izr
Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan