KARAWANG-PEKA-.Menjelang persiapan arus mudik dan balik Lebaran Idul Fitri 2015, Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Jawa Barat, Irjen Pol Moechgiyarto, beserta pejabat utama Polda Jabar,turun untuk melakukan pemantauan disetiap Pos-pos Pengamanan (Pospam) yang akan di lalui pemudik lebaran 2015.(22/06/2015).

Peninjauan ini juga dilakukan Kapolda Jabar, diseluruh kawasan jalur di wilayah Jawa Barat yang tentunya akan dilalui oleh para pemudik tahun ini dan tak terkecuali jalur utama pemudik kendaraan R4 atau lebih yang melintasi tol trans jawa yakni Tol Cikopo-Palimanan.

Kendati dalam kunjungannya tersebut hanya mengecheck Pospam persiapan Ops Ketupat 2015, Kapolda hanya mengecheck tiga titik Pospam yang berada di wilayah hokum Polres Karawang.

“Ini sifatnya hanya informil saja, jadi beliau hanya lewat saja sambil melihat kesiapan tiga pospam yang ada di Pospam Mutiara, Pospam Jomin dan Pospam Fly Over Cikampek,” jelas Kapolres Karawang, AKBP Daddy Hartadi kepada PEKA, Minggu (21/6).

Kunjungan Kapolda Jabar, Irjen Pol Moechgiyarto sekitar pukul 16.00 Wib, Minggu (21/6) yang bersifat informil menurut Kapolres, tak luput sebagai kunjungan yang pada dasarnya, juga mengecheck kontruksi perbaikan infrastruktur jalan di sepanjang jalur Pantura.

“Paginya beliau dari Mapolda Jabar check Tol Cipularang dan check tol baru yakni Tol Cipali, kemudian mengecheck tiga pospam kami,” ungkapnya.

Dari pantauan PEKA yang mengikuti iring-iringan Kapolda Jabar beserta rombongan Polda Jabar di tiga pospam tersebut, Kapolda Jabar hanya melewati tiga pospam itu.

“Nanti kunjungan beliau selanjutnya pasti akan mengecheck dan melihat kesiapan Pospam kami pada H-11 menjelang lebaran. Jadi saya tegaskan kembali, kunjungan beliau ini hanya informil saja,” tegasnya.

Kedatangan dan kunjungan Kapolda Jabar yang baru menjabat tersebut, untuk kali pertamanya guna mengecheck sejauh mana persiapan Pospam untuk operasi ketupat lodaya Lebaran tahun 2015 ini.

“Pastinya juga di Simpang Jomin ini akan menjadi pertemuan arus yang membuahkan kemacetan yang mengalur. Akan tetapi dengan adanya Tol Cipali ini, jalur ini dipastikan tidak akan semacet tahun lalu,” ungkap Kapolres.

Ditambahkan Kapolres Karawang juga, kesiapan Pospam-pospam di wilayahnya sudah siap guna pengamanan Arus Mudik Lebaran. Ia juga menuturkan, jelang Ops Ketupat Lebaran 2015, hal itu sudah menjadi tugas bersama dalam memberikan pelayanan terbaik kepada para pemudik lebaran.

“Kita harapkan para pengguna jalan mudik lebaran yang melalui lintasan Karawang, baik itu melalui jalur utara, diharapkan nyaman melintasi jalur-jalur di Karawang,” tambah Kapolres. (GS).