Program Pemetaan Batas Wilayah di Karawang

KARAWANG-PEKA-.Program pemetaan pembangunan nasional saat ini lebih memfokuskan dalam pembangunan desa diantaranya adalah penetapan dan penegasan batas wilayah administrasi. Badan Informasi Geograpi (BIG) melalui Pusat Pemetaan Batas Wilayah (PBW) mengajak seluruh stakeholder terkait untuk melakukan percepatan penataan batas desa dengan tagline "Ayo Bangun Desa untuk Indonesia". Dan salah satu kegiatanya untuk hal tersebut di adakan di aula kantor Kecamatan Kutawaluya ,dengan dihadiri seluruh kepala desa sekecamatan setempat,13 /10/2015.

Ridwan ,Kordinator pemetaan yang bertugas di wilayah Kecamatan Kutawaluya mengatakan, bahwa tugas pemetaan batas wilayah tersebut adalah merupakan program pusat, yang di adakan pertama di wilayah Kabupaten Karawang.

"Selain pemetaan batas wilayah ini pertama di lakukan di Karawang, bahkan pemetaan ini memang baru di laksanakan sekarang di wilayah Indonesia, jadi Karawang terpilih menjadi contoh pemetaan pertama yang di lakukan oleh negara" tutur Ridwan, saat di temui PEKA, di sela-sela Pelatihan Pemetaan Batas Wilayah.

Terang Ridwan, pemetaan ini merupakan hal terpenting program pihak pemerintah pusat untuk mengetahui batas-batas wilayah, baik batas desa maupun batas kecamatan,yang nantinya akan di jadikan tolak ukur pemerintah untuk mengetahui perkembangan perekonomian masyarakat desa.

"Dengan pemetaan,pihak pemerintah akan lebih mempermudah untuk mengembangkan perekonomian demi kesejahteraan masyarakat,bagaimanapun juga pemerintah akan bisa mensejahterakan masyarakatnya ketika sudah mengetahui batas wilayah yang di diaminya," terang Ridwan.

Masih kata dia,setelah pihaknya selesai melakukan program pemetaan untuk mengetahui batas-batas desa, maka selanjutnya pihak pemerintah pun akan melakukan pendataan penduduk yang berada di wilayah tersebut.

"Setelah pemetaan selesai, dan kemudian pendataan selasai, pemerintah akan lebih mudah untuk melakukan perubahan terhadap penduduk baik di bidang ekonomi, pertanian atau yang lainya, yang jelas program pemetaan ini di lakukan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat," pungkas Ridwan.#sp.